Fisip UPN Veteran Jakarta Gandeng Universitas di Filipina dan IPB Membahas SDGs dan Kolaborasi Asean

Bisnis.com,31 Mei 2023, 17:36 WIB
Penulis: Novita Sari Simamora
Fisip UPN Veteran Jakarta menggelar Seminar Internasional Bertajuk Kolaborasi ASEAN Memperkuat Sustainable Development Goals./istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip) Universitas Pembangunan Veteran Jakarta (UPNVJ) menggandeng Universitas di Filipina dan IPB untuk membahas program SDGs dan kolaborasi Asean secara serius.

Untuk mendorong keberhasilan program Sustainable Development Goals, kalangan akademisi melaksanakan Seminar Internasional dengan tema “Establishing Strong Collaboration to Support Sustainable Development Goals in Asean,” secara Hybrid. Tujuannya adalah menemukan trobosan serta inovasi bersama dalam mencapai tujuan Sustainable Developmet Goals di Asean.

Dekan Fisip UPNVJ S. Bekti Istiyanto menuturkan bahwa tamu spesial dari Philipina dan IPB bisa menambah perspektif konsep komunikasi pembagunan yang sudah mengakar di Universitas Philipine dan IPB. Sebagai informasi, SDGs memiliki tujuan untuk menyejahterakan masyarakat di Indonesia dan kini universitas mengajak anak muda sebagai generasi muda untuk menjadi agen perubahan.

“Kita (Indonesia) harus berupaya mendorong sinergi dan kerja sama ketujuan tersebut. Anak muda harus jadi inovator dan problem solver! Anak muda tentu saja termasuk anda-anda semua disini para Mahasiswa memiliki semangat besar yang didukung previlege lahir di era perangkat teknologi canggih yang jauh berbeda dengan dahulu,” kata Bekti seperti dikutip dari siaran pers, Rabu (31/5/2023).

SDGs yang dicanangkan pada 2015 merupakan sebuah gol yang dapat dijadikan acuan bagi negara-negara anggota PBB dalam formasi kebijakan dan agenda politiknya masing-masing. Mencakup bahasan yang lebih luas daripada kerangka golsebelumnya yaitu Millenium Development Goals (MDGs), SDGs memiliki 17 agenda dan 169 target.

Agenda tersebut diantaranya adalah pengentasan kemiskinan, pengentasan kelaparan, penjaminan kesehatan dan kesejahteraan, pendidikan berkualitas, kesetaraan gender, pengadaan air bersih dan sanitasi layak, promosi pertumbuhan ekonomi dan pekerjaan yang layak, perdamaian, keadilan, dan institusi yang kuat, hingga penguatan kerja sama dalam mencapai tujuan

Lebih lanjut, Ria Maria Theresa, Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan dan Kerja sama menyampaikan pentingnya penguatan kolaborasi dan kerja sama antar UPNVJ dengan Instansi luar,

“UPN Jakarta memiliki visi internasionalisasi, dan saya berharap kita bisa mendapatkan kesempatan untuk bekerjasama dengan Universitas of the Philippines dan Universitas of the Philippines Los Banos yang di presentasikan oleh Prof. Flor dan Prof Benjamina,” ujar Ria.

Jumlah peserta yang hadir secara online mencapai 300 orang di Lantai 4, Ruang Bhineka Tunggal Ika, Gedung Rektorat UPNVJ dan 150 orang secara daring lewat perangkat zoom.
Pemateri yang di undang, Prof. Alexander Gonzaler Flor (University of the Philippines). Djuara P. Lubis (IPB University), dan  Hartanto (UPNVJ) yang di moderatori Dini P. Saraswat (UPNVJ). FISIP UPNVJ menggandeng Asosiasi Pendidikan Tinggi Ilmu Komunikasi (ASPIKOM), Forum Komunikasi Pembangunan Indonesia (FORKAPI), Universitas IPB, Universitas Pancaila (UP) dan Universitas Pakuan (Unpak).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Novita Sari Simamora
Terkini