Konten Premium

Dilema Negara Kepulauan, Genjot Ekonomi saat Hadapi Krisis Iklim

Bisnis.com,02 Jun 2023, 17:14 WIB
Penulis: Wibi Pangestu Pratama
Sejumlah kota di Indonesia, termasuk Jakarta, berkembang pesat berkat aktivitas ekonomi di kawasan pesisir. Gejala perubahan iklim seperti kenaikan permukaan air dan kenaikan suhu bumi terasa di kawasan pesisir/ JIBI - Feni Freycinetia

Bisnis.com, JAKARTA — Kawasan pesisir ibarat berada di barisan depan yang merasakan dampak krisis iklim, suhu udara meningkat bersamaan dengan naiknya permukaan laut. Pemerintah melihat perubahan iklim sebagai risiko yang serius bagi perekonomian, apalagi di negara kepulauan seperti Indonesia.

Tanggul tinggi membentang di kawasan Muara Baru, Jakarta Utara yang memisahkan daratan kering dan tanah yang sudah digenangi air laut. Di balik tanggul, sudah 14 tahun lamanya Masjid Wal Adhuna terendam air laut karena tahun ke tahun permukaan terus meningkat, sehingga masjid itu perlahan terpisah dari daratan.

Potret Masjid Wal Adhuna itu barangkali menjadi penanda visual yang cukup jelas bagi warga ibukota soal gejala krisis iklim. Tanda lainnya yang dapat dirasakan langsung seperti langit yang pekat dan suhu udara terasa lebih panas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

  Konten Premium

Anda sedang membaca Konten Premium

Silakan daftar GRATIS atau LOGIN untuk melanjutkan membaca artikel ini.

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Wibi Pangestu Pratama
Terkini