Hasil Semifinal Thailand Open 2023: Minions Gugur, BaKri ke Final

Bisnis.com,03 Jun 2023, 18:06 WIB
Penulis: Taufan Bara Mukti
Ganda putra Indonesia, Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri/Bisnis-Akbar

Bisnis.com, SOLO - Berikut hasil semifinal Thailand Open 2023 yang melibatkan dua ganda putra Indonesia, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo dan Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri.

Semifinal Thailand Open 2023 digelar di Indoor Stadium Huamark, Bangkok, Sabtu (3/6/2023).

Indonesia menyisakan dua wakil di babak semifinal Thailand Open yakni Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo dan Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri.

Sayangnya, langkah Marcus/Kevin harus terhenti di empat besar usai tumbang dari wakil China Liang Wei Keng/Wang Chang.

Minions, sapaan Marcus/Kevin kalah dua gim langsung dari Liang/Wang, 13-21 dan 19-21. Kekalahan ini pun memperpanjang catatan tanpa gelar juara bagi Marcus/Kevin.

Di awal gim pertama, Marcus/Kevin memulai pertandingan dengan cukup kesulitan. Terbukti mereka tertinggal 0-4 dari Liang/Wang sebelum bisa memangkas jarak.

Interval gim pertama pun berlangsung untuk keunggulan pasangan China itu, 11-5. Minions kesulitan mengembangkan permainan.

Usai jeda, kondisi tak banyak berubah, mantan pasangan peringkat satu dunia itu pun tertinggal makin jauh hingga akhirnya kalah 13-21.

Marcus/Kevin coba membalas pada gim kedua. Meski tertinggal, mereka terus mengejar hingga skor 7-8 pada awal babak.

Sayangnya pada interval, Liang/Wang masih unggul dengan skor 11-8 atas Minions. Selepas itu pertandingan sengit pun terjadi.

Smash-smash keras dari Marcus dan Kevin sempat membuat unggulan ketiga itu kerepotan. Skor pun sempat imbang 12-12 setelah Minions mencetak tiga angka beruntun.

Untuk pertama kalinya Minions memimpin pada kedudukan 17-16, namun keunggulan itu tak bertahan lama.

Empat poin beruntun membuat Liang/Wang meraih game point, 20-17. Sempat dua kali menahan, Marcus/Kevin akhirnya harus mengakui keunggulan ganda putra itu dengan skor 19-21.

Partai sengit juga terjadi di semifinal lainnya, Bagas/Fikri melawan Choi Sol-gyu/Kim Won-ho. Bagas/Fikri menang atas lawannya itu lewat rubber game 22-20, 13-21, dan 21-16.

Memulai gim pertama, Bagas/Fikri dan Choi/Kim langsung berebut poin. Bagas Fikri sempat unggul 6-5 sebelum disamakan oleh pasangan Korsel itu.

Setelah sempat tertinggal 15-16 pasca jeda, Bagas/Fikri bangkit untuk menyudahi gim pertama dengan kemenangan 22-20.

Di gim kedua, Choi/Kim bangkit. BaKri, julukan Bagas/Fikri, harus memberikan lima poin beruntun untuk lawannya pada kedudukan 14-7.

Gim kedua pun berakhir untuk kemenangan Choi/Kim dengan skor akhir 21-13. Hasil ini sekaligus memaksa pertandingan berlanjut ke rubber game.

Pada gim penentuan, BaKri memulai dengan ketertinggalan 1-3 dari Choi/Kim. Namun mereka bisa mengejar dan menyamakan skor tak lama kemudian.

Skor imbang terus bertahan hingga 8-8. Sayang, interval gim ketiga berlangsung pada skor 11-9 untuk keunggulan Choi/Kim.

Usai jeda dan pindah lapangan, Bagas/Fikri langsung meroket. Kesalahan Choi/Kim membuat Bagas dan Fikri berbalik unggul dan menjauh.

Akhirnya Bagas/Fikri pun memenangi pertandingan dengan skor 21-16 setelah cocoran Fikri tak bisa dikembalikan.

Dengan hasil ini, BaKri menjadi satu-satunya wakil Indonesia yang akan berlaga di final Thailand Open pada Minggu (4/6/2023).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Taufan Bara Mukti
Terkini