Konten Premium

Beda Resep BlackRock & Vanguard di Saham GOTO

Bisnis.com,06 Jun 2023, 15:45 WIB
Penulis: Herdanang Ahmad Fauzan
Pegawai beraktivitas di kantor Gojek, Jakarta, Pekan lalu. Gojek merupakan bagian dari PT Goto Gojek Tokopedia Tbk (GOTO), emiten teknologi terbesar di Indonesia saat ini. / Bisnis-Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA – Masuknya PT Goto Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) ke dalam indeks MSCI per akhir Mei 2023 disambut aksi borong BlackRock. Manajer aset terbesar di dunia itu diperkirakan menghabiskan lebih dari Rp2 triliun untuk mengakumulasi saham GOTO, seturut data laporan pekan lalu. 

Namun, aksi borong itu belum menempatkan BlackRock sebagai perusahaan manajemen aset dengan kepemilikan paling jumbo dalam struktur investor GOTO. Selain GIC milik pemerintah Singapura yang memang jadi investor di atas 5 persen perseroan sejak tahun lalu, pengelola aset lain yang juga menggenggam kepemilikan lebih besar adalah Grup Vanguard. 

Ketika artikel ini rilis, Selasa (6/6/2023), data terakhir menunjukkan bahwa kepemilikan Grup Vanguard di saham GOTO mencapai 26.073.551.790 (26,07 miliar) lembar. Dengan asumsi harga saham GOTO per penutupan Senin (5/6), jumlah ini mencerminkan kapitalisasi Rp3,25 triliun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

  Konten Premium

Anda sedang membaca Konten Premium

Silakan daftar GRATIS atau LOGIN untuk melanjutkan membaca artikel ini.

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Herdanang Ahmad Fauzan
Terkini