Kutukan Sembilan Setan, Kisah Nyata Teror Hantu di Villa Gunung Bromo

Bisnis.com,07 Jun 2023, 17:26 WIB
Penulis: Arlina Laras
Film Kutukan 9 Setan Gunung Bromo tayang di Bioskop

Bisnis.com, JAKARTA - Kutukan Sembilan Setan menjadi film horor hasil garapan rumah produksi PIM Pictures dan Dynamic Pictures yang tayang di bioskop besok, Kamis (08/6/2023). 

Film yang dibintangi oleh Ajil Ditto, Fandy Christian, Denira Wiguna, Frislly Herlind, Joshua Suherman, Fadlan Holao, dan Erick Van Loon ini menjadi pengalaman baru bagi mereka. 

Pasalnya, film ini berdasarkan kisah nyata dari lima sahabat yang berlibur bersama, Kala itu karena banyaknya kesibukan, membuat keinginan mereka tak kunjung terwujud. 

Akhirnya, mereka memaksa tiap kawannya untuk bisa mengosongkan waktu untuk liburan bersama. Salah satu dari lima sekawan itupun bertugas untuk mencari penginapan di Gunung Bromo. 

Sayangnya, setelah menemukan vila murah bernama ‘Vila Tengger’, beberapa dari mereka mereka kurang sreg karena merasa villa tersebut terlalu kuno dan seram. 

Meski begitu, mereka tetap menyewanya selama lima hari berlibur di Bromo. Alih-alih menikmati liburan, mereka justru mendapat teror mengerikan yang tiada henti.

Mulai dari teror di kamar mandi, ruang tengah, hingga di kamar tidur membuat mereka mempertanyakan hal apa yang telah terjadi sebelumnya di vila tersebut. 

Semua Karakter Asli Masih Ada

Salah satu aktris Denira Wiraguna yang berperan sebagai Lia mengaku antusias bisa menjalani pengalaman baru membintangi film horor.

“Meski sempat membintangi film horor, tapi untuk film horor yang berdasarkan kisah nyata ya baru ini. Apalagi, kita harus tahu benar karakter orang aslinya yang juga masih sehat sampai sekarang,” ujarnya saat ditemui Bisnis, Rabu (7/06/2023). 

Dia merasa pengalaman ini sangat menantang. Pasalnya, kejadian mistis dan lokasi syuting yang jauh menjadi suatu momen yang tidak pernah dia lupakan. 

“Jadi kita ada di tiga lokasi syuting ya. Nah, salah satunya kita itu ke Vila yang ada di Bandung Pangelengan. Tempatnya jauh dan sangat terpencil, di sana juga diberi tahu ada beberapa aturan yang berhubungan dengan mistis. Ngeri sih,” ceritanya. 

Proses Produksinya Memakan Waktu Lama

Perlu diketahui, proses produksi film Kutukan Sembilan Setan nyatanya sempat terhalang oleh pandemi Covid-19. 

“Seharusnya selesai sejak 2020 lalu, tapi kita jadi di 2021. Itu karena aku, Joshua dan beberapa kru lain terkena Covid-19. Kayaknya kita libur 10 hari, karena kena varian delta,” kenangnya. 

Tak hanya berhenti sampai disitu, nyatanya long covid membuat sebagian fisik sebagain pemain menjadi lemah. 

“Jadi dari 10 hari itu ada ketundanya lagi, agar pemain bisa benar-benar fit,” ujar aktris yang juga bermain di Dear Nathan itu.  

Hal ini pun disetujui oleh Fadhlan Holao yang perdana main film layar lebar. 

Dirinya bercerita, lantaran adanya penundaan beberapa waktu, membuat sosok yang dikenal sebagai content creator di platform TikTok ini sempat menerima tawaran akting lainnya. 

“Saking lamanya jeda, aku ambil tawaran ambil webseries komedi lain. Masalah datang, ketika aku mulai lupa sama karakter yang aku mainkan,” ujarnya. 

Sebagai informasi, Fadhlan Holao dalam film ini berperan sebagai Sunarto alias kuncen dari Gunung Bromo. 

Dalam karakternya, diceritakan bagaimana Sunarto mengetahui sesuatu. Akan tetapi, dirinya tidak mau mengungkapkan lebih lanjut kepada lima sahabat tersebut, agar villa itu tetap laku. 

Alasan Wajib Nonton Kutukan Sembilan Setan

Saat disinggung soal bagaimana film horor Indonesia memang masih melekat dengan stereotype pornografi, Fadhlan dan Denira menjamin film mereka kali ini menawarkan alur yang berbeda. 

“Bisa dibilang alurnya sangat naik turun ya, bahkan ada romance dan komedinya. Kita sebagai pemain juga dibuat kaget karena ada jumpscare yang tidak terduga,” jelas Fadhlan. 

Bagi Denira, konsep cerita yang melibatkan Gunung Bromo sebagai destinasi wisata dapat menjadi dasar yang menarik untuk sebuah film horor. 

Gunung Bromo adalah salah satu gunung berapi paling terkenal di Indonesia dan merupakan tujuan wisata yang populer di Jawa Timur nyatanya memiliki kisah mistis nyata. 

“Dijamin bakal merinding,” pungkasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Novita Sari Simamora
Terkini