PUPR: Penataan Sumbu Kebangsaan IKN Selesai Akhir Tahun

Bisnis.com,09 Jun 2023, 19:57 WIB
Penulis: Muhammad Ridwan
Proyek pembangunan Sumbu Kebangsaan Tahap 1 di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.- Kementerian PUPR

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan proyek penataan Sumbu Kebangsaan tahap 1 di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara selesai pada Desember 2023.

Kepala BPPW Kalimantan Timur Kementerian PUPR Rozali Indra Saputra pada tahap awal pada 2022-2024, pembangunan infrastruktur yang menjadi prioritas yakni Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP), salah satunya Penataan Sumbu Kebangsaan Tahap I (Plaza Seremoni) melalui Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Kalimantan Timur, Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR.

Dia menjelaskan penataan Sumbu Kebangsaan tahap I terbagi menjadi beberapa zona yaitu Zona 1 yang meliputi Wetland bagian Utara dan Gedung Visitor Center.

Selanjutnya, Zona 2 terdiri atas Ceremonial Lawn, Gedung Retail & Gallery, Plaza Timur, Plaza Barat, dan Bangunan Toilet & Service. Selanjutnya, Zona 3 yang meliputi Central Promenade, Forest Walk, Forest Trail, Mini Ampitheater, dan Wetland bagian Selatan. Kemudian, Zona 4 dan Zona 5 terdiri atas Shared Street.

Adapun lingkup pekerjaannya meliputi perencanaan, persiapan dan pematangan lahan, pekerjaan lanskap di beberapa zona. Lalu, pekerjaan drainase, jalan, dan gedung visitor center, gedung retail, dan toilet.

“Saat ini progres fisik penataan Sumbu Kebangsaan tahap I telah mencapai 28,93 persen,” kata Indra dalam siar persnya, Jumat (9/6/2023).

Secara filosofis, Sumbu Kebangsaan di KIPP IKN Nusantara merupakan ruang terbuka yang menjadi simbol hubungan harmonis antar alam, manusia dan nilai luhur kebudayaan.

Nantinya, Sumbu Kebangsaan ini secara imaginer akan menghubungkan Istana Presiden hingga Mangrove Ecopark melalui serial ruang terbuka, mulai dari Plaza Seremoni, Plaza Sipil atau Bukit Bendera, Plaza Bhinneka, Science and Tech Park, Plaza Adi Budaya, Plaza Pertunjukan hingga Plaza Demokrasi.

“Penataan Sumbu Kebangsaan tahap I konstruksinya dilaksanakan oleh PT Brantas Abipraya (Persero), dengan konsultan manajemen konstruksinya oleh PT Virama Karya (Persero) KSO PT Laras Sembada, dengan nilai kontrak sebesar Rp365,8 miliar,” jelasnya.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan pihaknya terus melanjutkan pembangunan infrastruktur di IKN Nusantara.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, pembangunan infrastruktur IKN Nusantara dilaksanakan secara bertahap dengan mengusung konsep “Future Smart Forest City of Indonesia” sehingga tetap memperhatikan aspek lingkungan.

"Visi Smart Forest City harus menjadi panduan dan orientasi kita bekerja. Hati-hati, harus seminimal mungkin menebang pohon dan mengupas tebing. Justru kita manfaatkan pohon dan tebing yang ada untuk lansekap view kawasan yang bagus," ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Muhammad Ridwan
Terkini