Syarat Naik Pesawat Terbaru Juni 2023, Tak Perlu Masker & Vaksin Booster?

Bisnis.com,12 Jun 2023, 12:05 WIB
Penulis: Lorenzo Anugrah Mahardhika
Penumpang pesawat berada di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (22/12/2022). Bisnis/Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA – Syarat naik pesawat terbaru pada Juni 2023 kini sudah tidak lagi mewajibkan penumpang memakai masker ataupun mendapatkan vaksin booster.

Persyaratan tersebut berubah setelah terbitnya Surat Edaran (SE) Satgas Covid-19 No. 1/2023 tentang Protokol Kesehatan pada Masa Transisi Endemi Covid-19.

Dalam surat edaran tersebut, pelaku perjalanan dalam dan luar negeri diperbolehkan tidak menggunakan masker jika dalam keadaan sehat dan tidak berisiko penularan Covid-19.

Selain itu, Satgas Covid-19 juga tidak lagi mewajibkan vaksinasi Covid-19 sebagai syarat perjalananan. Melalui surat edaran teranyar, vaksinasi Covid-19 hanya sebatas anjuran, dan bukan lagi kewajiban.

Masyarakat dianjurkan tetap melakukan vaksinasi Covid-19 sampai dengan booster kedua atau dosis keempat, terutama bagi masyarakat yang memiliki risiko tinggi penularan Covid-19.

Sementara itu, pengelola dan operator fasilitas transportasi dianjurkan untuk tetap melakukan perlindungan kepada masyarakat melalui upaya preventif dan promotif untuk mengendalikan penularan Covid-19.

Operator transportasi juga dianjutkan tetap melakukan pengawasan, pembinaan, penertiban, dan penindakan terhadap pelaksanaan protokol kesehatan untuk mengendalikan penularan Covid-19.

Berikut adalah protokol kesehatan lengkap terbaru untuk seluruh pelaku perjalanan dalam dan luar negeri, termasuk syarat naik pesawat, berdasarkan SE Satgas Covid No. 1/2023.

Syarat Naik Pesawat Terbaru Juni 2023

  1. Dianjurkan tetap melakukan vaksinasi Covid-19 sampai dengan booster kedua atau dosis keempat, terutama bagi masyarakat yang memiliki risiko tinggi penularan Covid-19.
  2. Diperbolehkan tidak menggunakan masker apabila dalam keadaan sehat dan tidak berisiko tertular atau menularkan Covid-19 dan dianjurkan tetap menggunakan masker yang tertutup dengan baik apabila dalam keadaan tidak sehat atau berisiko Covid-19, sebelum dan saat melakukan perjalanan dan kegiatan di fasilitas publik. 
  3. Dianjurkan tetap membawa hand sanitizer dan/atau menggunakan sabun dan air mengalir untuk mencuci tangan secara berkala terutama jika telah bersentuhan dengan benda-benda yang digunakan secara bersamaan. 
  4. Bagi orang dalam keadaan tidak sehat dan berisiko tertular atau menularkan Covid-19, dianjurkan menjaga jarak atau menghindari kerumunan orang untuk mencegah terjadinya penularan Covid-19.
  5. Dianjurkan tetap menggunakan aplikasi SATUSEHAT untuk memantau kesehatan pribadi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Rio Sandy Pradana
Terkini