Ganjar Ingin Indonesia Tiru Rusia, China dan India: Tinggalkan Barat?

Bisnis.com,16 Jun 2023, 16:57 WIB
Penulis: Harian Noris Saputra
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menitipkan pesan kepada bakal calon presiden (bacapres) dari PDIP Ganjar Pranowo saat Rakernas III PDIP, Selasa (6/6/2023) agar terus memiliki nyali dan keberanian apabila dipercaya sebagai Presiden Ke-8 RI./Dok. PDIP

Bisnis.com, DENPASAR – Calon Presiden Ganjar Pranowo menyebut Indonesia harus mampu meniru tiga negara yakni Rusia, China dan India tanpa harus bergantung dengan negara maju di Eropa Barat.

Di depan Megawati Soekarnoputri, Gubernur Bali Wayan Koster,  dan para kepala daerah di Bali hingga tokoh desa adat, Ganjar menjelaskan tiga negara tersebut mampu membangun kebudayaan sekaligus ekonominya dengan memanfaatkan sumber daya dalam negeri, sehingga mampu menjadi negara yang berdikari.

“Presiden Prancis, Emmanuel Macron menyebut ada tiga negara yang kuat dengan budayanya yang unggul, sudah mulai tidak mengikuti barat. Pertama Rusia, kemudian China, dan dan ketiga India, mereka mampu membangun sistemnya sendiri dan kuat. Indonesia harus mengikuti menjadi negara keempat dan mengejar mimpi kita di 20245,” jelas Ganjar saat menjadi pembicara utama dalam temu budaya Jawa Bali di Sanur, Jumat (16/6/2023).

Ganjar mengklaim bisa menjadi negara kuat karena memiliki modal kebudayaan yang kuat sejak masa lampau. Menurutnya saat ini tantangan global semakin multipolar, kekuatan ekonomi tidak lagi berpusat di barat dan Amerika Serikat. Negara Asia seperti China dan India menjadi kekuatan baru ekonomi dunia.

Capres yang diusung PDIP dan PPP ini akan berada di Bali selama tiga hari, selain mengikuti acara Temu Budaya, Ganjar juga dijadwalkan bertemu pendukungnya pada Sabtu (17/6/2023) dalam acara jalan sehat. Ini merupakan kunjungan pertama Ganjar ke Bali sejak ditetapkan sebagai Capres oleh Megawati.

Koster sendiri selaku ketua DPD PDIP Bali menargetkan koster meraup suara di atas 90 persen pada pemilihan Presiden 2024. Koster ingin mengulangi kesuksesan Jokowi meraup suara 97 persen pada Pilpres 2019. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Edi Suwiknyo
Terkini