Konten Premium

Tanda-tanda Ekonomi China Terus Loyo, Bertahan Sampai Akhir Tahun?

Bisnis.com,28 Jun 2023, 16:50 WIB
Penulis: Reni Lestari
Pekerja mengenakan masker di pabrik milik Yanfeng Adient Seating Co. di Shanghai, China, Senin (24/2/2020)./Bloomberg-Qilai Shen

Bisnis.com, JAKARTA — Ekonomi China yang diharapkan menjadi mesin utama pemulihan global tahun ini tampak semakin loyo, mendorong analis memangkas proyeksi pertumbuhan untuk sepanjang tahun ini.

Biro Statistik Nasional China dalam rilis terbarunya memaparkan bahwa keuntungan tahunan perusahaan industri memperpanjang penurunan dua digit dalam lima bulan pertama tahun ini. Lemahnya permintaan menekan margin, yang kemudian menuntut lebih banyak dukungan kebijakan untuk mendukung pemulihan ekonomi yang tersendat.

Penurunan laba year-on-year (yoy) tercatat sebesar 18,8 persen setelah pada rentang Januari-April 2023 juga terjadi koreksi 20,6 persen. Angka-angka itu menambah bukti bahwa mesin ekonomi kehilangan banyak tenaga pada Mei 2023, termasuk penjualan ritel, ekspor, dan investasi properti, seiring tingkat pengangguran yang mencapai tingkat tertinggi baru di level 20,8 persen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

  Konten Premium

Anda sedang membaca Konten Premium

Silakan daftar GRATIS atau LOGIN untuk melanjutkan membaca artikel ini.

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Reni Lestari
Terkini