Konten Premium

Ancaman Bencana Nuklir dalam Perang Rusia Vs Ukraina

Bisnis.com,09 Jul 2023, 16:59 WIB
Penulis: Erta Darwati
Seorang anggota militer Rusia berjaga di pos pemeriksaan dekat Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Zaporizhzhia sebelum kedatangan misi ahli Badan Energi Atom Internasional (IAEA) dalam konflik Rusia-Ukraina di luar Enerhodar di wilayah Zaporizhzhia, Ukraina yang dikuasai Rusia, Juni 15, 2023. REUTERS/Alexander Ermochenko

Bisnis.com, JAKARTA - Rusia dan Ukraina saling tuduh merencanakan serangan terhadap pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) Zaporizhzhia. Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan bahwa pasukan Rusia, yang merebut pembangkit listrik tenaga nuklir Zaporizhzhia tidak lama setelah invasi pada Februari 2022 itu, telah merusak beberapa reaktor.

Kementerian Luar Negeri Ukraina pun mengutuk pendudukan Rusia atas PLTN Zaporizhzhia di bagian Tenggara Ukraina, reactor nuklir terbesar di Eropa.

Melansir Reuters, para ahli dari Badan Energi Atom Internasional PBB (IAEA) mengatakan bahwa tidak melihat indikasi ada bahan peledak pada pembangkit nuklir itu, tetapi diperlukan lebih banyak akses untuk memastikannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

  Konten Premium

Anda sedang membaca Konten Premium

Silakan daftar GRATIS atau LOGIN untuk melanjutkan membaca artikel ini.

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Nancy Junita
Terkini