Cara Uninstall Aplikasi di Laptop Windows dan Macbook

Bisnis.com,11 Jul 2023, 14:55 WIB
Penulis: Nuraini
Cara Uninstall Aplikasi di Laptop Windows dan Macbook/Bisnis-Rizky Nurawan.

Bisnis.com, JAKARTA - Cara uninstall aplikasi di laptop harus diketahui oleh pengguna laptop Windows maupun macbook. Biasanya pengguna ingin menghapus aplikasi karena jarang menggunakannya atau aplikasi tersebut mengalami masalah. 

Untuk mengetahui cara uninstall aplikasi di laptop Windows maupun macbook, Anda dapat menyimak penjelasannya di bawah ini. 

Cara Uninstall Aplikasi di Laptop Windows

Cara ini diperuntukkan untuk pengguna laptop dengan windows 7, 8, 10, dan 11. Biasanya, aplikasi dapat dihapus melalui start menu, setting, maupun control panel. 

Dalam artikel ini akan membahas cara uninstall aplikasi laptop melalui start menu karena cara tersebut paling mudah untuk ditempuh. Meski berbeda windows, caranya bisa sedikit berbeda. Berikut ini cara uninstall aplikasi di laptop windows 7, 8, 10, dan 11. 

Cara Uninstall Aplikasi di Laptop Windows 7

Cara uninstall aplikasi di laptop windows 7 dapat dilakukan melalui start menu. Langkah pertama, buka start menu. Kemudian, ikuti langkah sebagai berikut.

Bagi Anda pengguna laptop windows 8, ikutilah caranya di bawah ini untuk uninstall aplikasi. 

Mirip dengan cara sebelumnya, cara uninstall aplikasi di laptop windows 10 juga bisa dilakukan melalui start menu. Selanjutnya, perhatikan cara di bawah ini. 

Kalau melalui start menu, Anda dapat menghapus aplikasi di windows 11 dengan mengikuti cara berikut ini.

Cara Uninstall Aplikasi di Laptop Macbook

Awalnya Anda mungkin kesulitan menghapus aplikasi di Macbook. Hal ini karena Macbook tidak memiliki control panel seperti pada control panel pada Windows. 

Cara termudah untuk menghapus aplikasi di Macbook, bisa melalui Launchpad yang Anda unduh dari App Store. Apabila sudah mengunduhnya, selanjutnya ikuti cara ini.

  1. Klik di Dock dan buka folder aplikasi.
  2. Ketik nama aplikasi yang ingin Anda hapus di kolom pencarian.
  3. Lalu, klik dan tahan aplikasi hingga bergetar.
  4. Klik tombol hapus di samping aplikasi yang ingin dihapus.
  5. Lakukan konfirmasi dengan klik hapus.
  6. Setelahnya, aplikasi tersebut akan segera terhapus.

Demikian cara termudah untuk hapus aplikasi di laptop windows 7, 8, 10, dan 11, juga Macbook. Penghapusan aplikasi yang rusak atau sudah jarang sangat disarankan untuk performa laptop agar tetap terjaga dengan baik. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Taufan Bara Mukti
Terkini
'