Konten Premium

Pengesahan RUU Kesehatan: Nakes Unjuk Rasa, Pasar Bersuka Cita

Bisnis.com,12 Jul 2023, 06:00 WIB
Penulis: Ni Luh Angela & Szalma Fatimarahma
Tenaga kesehatan atau nakes melakukan aksi demo di depan Gedung DPR/MPR, Jakarta pada Senin (5/6/2023) untuk menolak RUU Kesehatan omnibus law. Setelah RUU itu sah, pasar justru merespons positif, tercermin dari kenaikan indeks acuan sektor kesehatan atau IDX Healthcare./Bisnis - Ni Luh Angela.

Bisnis.com, JAKARTA — Pengesahan Rancangan Undang-Undang atau RUU Kesehatan diliputi polemik, sampai membuat para tenaga kesehatan atau nakes turun ke jalan. Namun, di sisi lain, pasar justru merespons positif pengesahan omnibus law itu.

Kabar pengesahan RUU Kesehatan oleh DPR samar-samar sudah terdengar sejak akhir pekan lalu, meskipun di situs resmi DPR belum terpampang waktu pelaksanaan rapat paripurna. Satu per satu anggota dewan pun buka suara, bahwa benar pengesahan RUU itu berlangsung pada Selasa (11/7/2023).

Sama seperti kisah terbitnya omnibus law UU Cipta Kerja, pengesahan RUU Kesehatan juga terkesan senyap dan serba mendadak. Publik kesulitan mengetahui perkembangan pembahasannya, apalagi melihat isi draf teranyar yang akan disahkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

  Konten Premium

Anda sedang membaca Konten Premium

Silakan daftar GRATIS atau LOGIN untuk melanjutkan membaca artikel ini.

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Wibi Pangestu Pratama
Terkini