Konten Premium

Dampak Perang Rusia Vs Ukraina terhadap Pangan Global

Bisnis.com,27 Jul 2023, 07:00 WIB
Penulis: Erta Darwati
Sebuah kontainer berisi gandum terlihat di atas kapal kargo umum berbendera Kepulauan Marshall, Negmar Cicek yang memuat gandum untuk Yaman, di tengah serangan Rusia terhadap Ukraina, di pelabuhan laut kota Chornomorsk, wilayah Odesa, Ukraina 24 Maret 2023. REUTERS/Stringer/File Foto

Bisnis.com, JAKARTA - Setelah 1,5 tahun berperang dengan Rusia, kini Ukraina menyerang balik. Negara yang dipimpin Volodymyr Zelensky ini berharap serangan balasan dapat memukul mundur pasukan Rusia. Namun, fakta di lapangan justru serangan itu membuat harga pangan global naik.

Pasukan Ukraina melakukan operasi serangan balasan di sisi Utara dan Selatan Bakhmut. Hasilnya, mereka meraih keuntungan di beberapa daerah. Sebagian besar yang tersisa dari Kota Bakhmut yang mengalami beberapa pertempuran terberat dalam perang, berada di bawah kendali Rusia dalam beberapa bulan.

Melansir BBC, Institut Studi Perang (ISW) yang berbasis di Amerika Serikat (AS) mengatakan pasukan Ukraina telah maju ke Barat Andriivka, yang berjarak sekitar 10 km Barat Daya Bakhmut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

  Konten Premium

Anda sedang membaca Konten Premium

Silakan daftar GRATIS atau LOGIN untuk melanjutkan membaca artikel ini.

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Nancy Junita
Terkini