Profil dan Perjalanan Karier Qin Gang, Menlu China yang Dipecat Xi Jinping

Bisnis.com,27 Jul 2023, 13:43 WIB
Penulis: Restu Wahyuning Asih
Menteri Luar Negeri China Qin Gang menghadiri Forum Lanting untuk menyampaikan pidato utama di Beijing, China 21 Februari 2023. REUTERS/Thomas Peter

Bisnis.com, SOLO - Menteri Luar Negeri (Menlu) Qin Gang dipecat oleh pemerintah China setelah menghilang secara misterius selama 1 bulan terakhir.

Posisinya kini digantikan oleh pendahulunya, Wang Yi, yang dikenal sebagai diplomat top China.

Pergantian kepada Wang Yi ini pun secara tidak resmi telah dilakukan karena tugas-tugas yang ditinggalkan Qin Gang telah diambil alih.

Seorang mengamat juga mengatakan bahwa keputusan Xi Jinping menarik kembali Wang Yi karena urusan diplomatik yang lebih berpengalaman.

"Daripada mendatangkan orang baru, kamu punya Wang Yi. Jadi, Anda memiliki seseorang yang berpengalaman... dan dapat melanjutkan setidaknya dalam waktu dekat dalam peran itu," kata Manoj Kewalramani.

Profil Qin Gang

Qin Gang lahir di Tianjin, Tiongkok pada tanggal 19 Maret 1996. Dirinya merupakan lulusan dari Universitas Hubungan Internasional, universitas negeri nasional di Beijing, China.

Menlu Qin Gang yang tergolong sebagai menteri muda China, tercatat memiliki hubungan yang baik dengan Presiden Xi Jinping.

Ia berhasil menembus kabinet dan menjabat sebagai Menlu juga karena telah membantu pemilu Jinping.

Mengutip situs Kementerian Luar Negeri Republik Rakyat China, Qin Gang sebelumnya pernah menjabat sebagai Wakil Menteri Luar Negeri.

Ia kemudian naik jabatan menjadi Menlu yang bertanggung jawab atas hubungan diplobatik dengan wilayah Eropa berupa informasi dan protokol.

Qin Gang sudah memiliki banyak pengalaman di bagian Ambassador China. Sebelum jadi Wamenlu pada 2018-2021, ia menjabat sebagai asisten Menlu dan Direktur Jenderal Departemen Protokol, MFA selama satu tahun (2017-2018).

Perjalanan karier Qin Gang:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Restu Wahyuning Asih
Terkini