Konten Premium

Misteri Hilangnya Qin Gang Sebelum Dicopot dan Digantikan Wang Yi

Bisnis.com,31 Jul 2023, 21:24 WIB
Penulis: Erta Darwati
Sebuah file foto memperlihatkan Presiden China Xi Jinping dan Wang Yi selama Kongres Rakyat Nasional China (NPC) di Aula Besar Rakyat di Beijing, China pada 11 Maret 2023. China melantik Wang Yi sebagai menteri luar negeri barunya pada 25 Juli, menggantikan Qin Gang yang absen, lapor media pemerintah./Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Luar Negeri China Qin Gang secara dramatis digulingkan pada hari Selasa (25/7/2023) setelah absen lama dari pandangan publik dan digantikan oleh pendahulunya Wang Yi dalam perombakan kepemimpinan kebijakan luar negeri negara yang mengejutkan dan sangat tidak biasa.

Langkah tiba-tiba, yang disetujui oleh badan pembuat keputusan tertinggi parlemen China, terjadi ketika misteri menyelimuti nasib Qin, yang terakhir terlihat di depan umum pada 25 Juni.

Qin, 57, seorang diplomat karier dan pembantu tepercaya pemimpin China Xi Jinping, baru diangkat menjadi menteri luar negeri (menlu) pada Desember 2022 setelah menjabat sebagai duta besar China untuk Washington.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

  Konten Premium

Anda sedang membaca Konten Premium

Silakan daftar GRATIS atau LOGIN untuk melanjutkan membaca artikel ini.

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Nancy Junita
Terkini