Konten Premium

Hidden Hunger, Bom Waktu Tersembunyi bagi Bonus Demografi

Bisnis.com,02 Agt 2023, 10:00 WIB
Penulis: Wibi Pangestu Pratama
Deretan gedung bertingkat dan permukiman padat penduduk di Jakarta. Kelaparan tersembunyi atau hidden hunger dinilai menjadi salah satu aspek yang dapat menghambat tujuan memaksimalkan bonus demografi. JIBI/Bisnis-Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA — Kelaparan tersembunyi atau hidden hunger menjadi ancaman bagi bonus demografi karena menghambat tumbuhnya generasi muda dengan optimal, yang nantinya berimbas kepada kesehatan masyarakat karena kekurangan gizi maupun produktivitasnya untuk berkontribusi bagi perekonomian.

Belakangan publik dibuat sumringah dengan status Indonesia yang naik jadi negara berpendapatan menengah atas. Terlepas dari perdebatan soal tingkat kemiskinan atau distribusi kekayaan, status itu menunjukkan kenaikan pendapatan nasional bruto atau gross national income (GNI) masyarakat.

Meningkatnya agregat pendapatan juga membuat masyarakat memiliki kemampuan untuk memenuhi kebutuhan pangannya sehari-hari. Namun, masih terdapat masalah yang belum teratasi dari pemenuhan gizi masyarakat, tercermin dari kelaparan tersembunyi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

  Konten Premium

Anda sedang membaca Konten Premium

Silakan daftar GRATIS atau LOGIN untuk melanjutkan membaca artikel ini.

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Wibi Pangestu Pratama
Terkini