Konten Premium

Musim Semi Akuisisi Perusahaan Leasing oleh Investor Asia

Bisnis.com,05 Agt 2023, 13:42 WIB
Penulis: Rika A. & Anggara Pernando
Multifinance/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA — Besarnya jumlah penduduk Indonesia menjadi keyakinan investor asing untuk berinvestasi di sektor keuangan. Setelah memperebutkan perbankan dalam 20 tahun terakhir, sasaran investasi bergeser ke perusahaan multifinance alias leasing yang bisnisnya bersentuhan langsung dengan masyarakat luas.

Sedikitnya dua perusahaan dalam antrean untuk akuisisi. Nilainyapun relatif besar, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sebagai pengawas tertinggi industri keuangan mengisyaratkan perpindahan kepemilikan terjadi atas dua perusahaan dengan ekuitas di atas Rp100 miliar. Sedangkan satu perusahaan merupakan multifinance dengan modal di bawah Rp100 miliar.

"Saat ini, satu perusahaan pembiayaan telah selesai diakuisisi oleh investor dari Singapura. Selain itu, terdapat dua perusahaan pembiayaan yang masih dalam proses akuisisi oleh investor asing yakni Thailand dan Singapura," ulas Ogi Prastomiyono ,Kepala Eksekutif Pengawas Perasuransian, Dana Pensiun, Lembaga Pembiayaan, dan Lembaga Jasa Keuangan Otoritas Jasa Keuangan dalam jawaban tertulis akhir pekan lalu (4/8/2023). 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

  Konten Premium

Anda sedang membaca Konten Premium

Silakan daftar GRATIS atau LOGIN untuk melanjutkan membaca artikel ini.

  1. 1
  2. 2
Tampilkan semua
Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Anggara Pernando
Terkini