Kenali Penyebab dan Gejala Tumor Hipofisis

Bisnis.com,10 Agt 2023, 12:29 WIB
Penulis: Mia Chitra Dinisari
Ilustrasi sakit kepala

Bisnis.com, JAKARTA - Tumor hipofisis adalah pertumbuhan jinak yang timbul dari kelenjar seukuran kacang polong di dalam otak.

Penyebab pembentukan tumor masih belum diketahui. Dalam kasus yang jarang terjadi, tumor mungkin disebabkan oleh gen yang Anda warisi, tetapi sebagian besar masih belum diketahui.

Tidak ada faktor risiko yang diketahui. Paparan lingkungan atau perubahan gaya hidup tidak berpengaruh pada pembentukan tumor. Satu-satunya faktor risiko yang diketahui adalah beberapa kondisi keturunan yang langka seperti MEN (multiple endocrine neoplasia), Sindrom McCuneAlbright, dan Kompleks Carney.

Gejala tumor hipofisis

Kebanyakan tumor hipofisis tidak menimbulkan gejala untuk waktu yang sangat lama. Mereka dapat ditemukan secara kebetulan pada MRI atau CT scan. Gejalanya mungkin disebabkan oleh tumor yang mendorong bagian otak di sekitarnya. Gejala tersebut meliputi:

Jenis gejala lain disebabkan oleh hormon yang dikeluarkan oleh tumor dalam jumlah yang luar biasa besar dan tidak terkontrol. Mereka mungkin hormon tiroid, hormon seks, hormon pertumbuhan, hormon steroid atau prolaktin.

Gejala tersebut meliputi:

Gejala-gejala ini memerlukan perhatian medis segera

Pada beberapa pasien, mungkin terjadi perdarahan/perdarahan mendadak di dalam tumor yang menyebabkan kondisi yang mengancam jiwa yang dikenal sebagai pitam. Pasien tersebut dapat hadir dengan:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Mia Chitra Dinisari
Terkini