6 Contoh Ice Breaking yang Bisa Kamu Lakukan, Anti Boring

Bisnis.com,10 Agt 2023, 13:00 WIB
Penulis: Hana Fathina
Contoh ice breaking/Freepik

Keyword: 


Judul:  

Summary/meta desc: 

Topics: 

https://www.bisnis.com/topic/58549/ice-breaking

https://www.bisnis.com/topic/2059/game

5+ Contoh Ice Breaking yang Seru dan Anti Boring 


Bisnis.com, JAKARTA - Apa itu ice breaking? Ice breaking adalah aktivitas yang dilakukan pemecah atau mencairkan suasana. Istilah ice breaking ini diambil dari dua kata dalam bahasa inggris yang memiliki arti pemecah es. Kata tersebut sering digunakan dalam sebuah kegiatan dengan tujuan untuk menghilangkan kejenuhan. Untuk itu kamu perlu mengetahui contoh ice breaking. 

Aktivitas ice breaking ini bisa dilakukan pada kegiatan seminar, organisasi atau dalam lingkungan kantor. Kegiatan ice breaking ini bisa memecahkan suasana yang mencekam dan meningkatkan kualitas antar peserta atau rekan kerja. 

Contoh Ice Breaking yang Seru

Ide Ice Breaking Online

1. Mengambil foto sesuai kategori yang sudah ditetapkan
Buatlah satu atau beberapa kategori yang diinginkan, misalnya meja kerja, pemandangan di luar jendela atau tanaman yang ada di rumah. Lalu minta semua orang dalam tim untuk mengambil foto dan mengunggahnya di dalam satu folder. 

Kemudian kamu dan semua orang bisa berbagai cerita tentang foto masing-masing. Ide ice breaking online meeting ini dilakukan untuk melatih kreativitas tim sebelum brainstorming secara online. Kamu bisa menggunakannya untuk membuka percakapan sebelum meeting. 

2. Team trivia quiz 
Ide ice breaker ini bisa membuat sesama anggota tim mengenal lebih dalam. Cara bermainnya buat semua orang menulis fakta-fakta penting tentang dirinya. Kemudian, coordinator akan mengumpulkan semua data tersebut untuk dijadikan trivia. 

Misalnya si A sangat suka mengoleksi action figure One Piece, coordinator bisa membuat trivia dengan pertanyaan: siapa yang suka mengoleksi action figure one piece? Coordinator bisa menerapkan sistem poin untuk setiap jawaban yang benar. Siapa yang memiliki point terbanyak akan menjadi pemenangnya. 

3. Tebak judul lagu 
Minta setiap anggota tim untuk menyiapkan satu lagu dan diputar selama beberapa detik Ketika sedang meeting online. Siapa yang bisa menebak judul lagu dan nama penyanyinya akan menjadi pemenang. Sistem poin berlaku untuk ide ice breaker ini. 

Ide Ice Breaking Offline

4. Tebak logo produk 


5. Games ‘Bos Berkata’

6. Rumus Benar-Salah

Itulah beberapa contoh ice breaking seru yang mungkin bisa kamu coba. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Novita Sari Simamora
Terkini