Konten Premium

Modal Cekak Anggaran Kesehatan, Peserta PBI BPJS di Tubir Jurang?

Bisnis.com,14 Agt 2023, 13:00 WIB
Penulis: Rika Anggraeni & Wibi Pangestu Pratama
Karyawati melayani peserta di kantor cabang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan di Jakarta, Senin (6/2). Kepesertaan BPJS Kesehatan terus meningkat sebagai langkah mencapai target Universal Health Coverage. - JIBI/Bisnis/Suselo Jati

Bisnis.com, JAKARTA — Di tengah gonjang-ganjing pengesahan UU Kesehatan, muncul kabar penghapusan ratusan ribu peserta penerima bantuan iuran BPJS Kesehatan di Kabupaten Malang, Jawa Timur karena keterbatasan anggaran pemerintah daerah. Lika-liku mengejar target cakupan kesehatan semesta memang berkaitan erat dengan kapasitas anggaran.

Raut wajah Bupati Malang, Sanusi semringah saat tiba di Balai Sudirman, Jakarta pada Selasa (14/3/2023) pagi. Selain karena berada satu ruangan dengan Wakil Presiden Ma’ruf Amin, Sanusi juga termasuk salah satu penerima pengahargaan Universal Health Coverage (UHC) Jaminan Kesehatan Nasional dalam acara UHC Awards 2023 tersebut.

UHC atau cakupan kesehatan semesta merupakan cita-cita ketika seluruh masyarakat terlindungi oleh jaminan kesehatan, dalam hal ini di Indonesia adalah tercatat sebagai peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. UHC Awards sendiri diberikan kepada pemerintah dengan cakupan kepesertaan BPJS Kesehatan di wilayahnya melebihi 95 persen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

  Konten Premium

Anda sedang membaca Konten Premium

Silakan daftar GRATIS atau LOGIN untuk melanjutkan membaca artikel ini.

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Wibi Pangestu Pratama
Terkini