Konten Premium

APBN Terakhir Jokowi: Bertaruh Anggaran Tuntaskan Kemiskinan

Bisnis.com,15 Agt 2023, 09:00 WIB
Penulis: Rahmad Fauzan
Warga beraktivitas di Desa Muara, Teluknaga, Tangerang, Banten pada Sabtu (5/8/2023). Menurut Menteri PPN Suharso Monoarfa, alam APBN 2024, Presiden Joko Widodo mengalokasikan anggaran Rp233,02 triliun terkait program pengentasan kemiskinan, tertinggi dari berbagai kelompok belanja lainnya. - JIBI/Bisnis/Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA — Presiden Joko Widodo bakal mempertaruhkan belanja negara dalam jumlah raksasa untuk menuntaskan kemiskinan ekstrem pada tahun terakhir masa jabatannya. Nilai belanja untuk membenahi seabrek masalah itu bahkan menjadi yang tertinggi dalam APBN 2024 dari berbagai prioritas lain.

Saat ditemui Bisnis di kantornya, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) Suharso Monoarfa memaparkan bahwa pemerintah akan mengalokasikan anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) 2024 senilai Rp233,02 triliun untuk program terkait pengentasan kemiskinan.

Mengacu kepada data resmi Kementerian PPN/Bappenas, nilai tersebut lebih dari 2 kali lipat anggaran belanja prioritas nasional lainnya, seperti infrastruktur dengan alokasi sekitar Rp102,81 triliun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

  Konten Premium

Anda sedang membaca Konten Premium

Silakan daftar GRATIS atau LOGIN untuk melanjutkan membaca artikel ini.

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Wibi Pangestu Pratama
Terkini