Konten Premium

Pelayaran Sri Mulyani hingga Anies, Gaet Atensi lewat One Piece

Bisnis.com,15 Agt 2023, 21:30 WIB
Penulis: Wibi Pangestu Pratama, Akbar Evandio, & Annasa Rizki Kamalina
Kelompok bajak laut topi jerami Monkey D. Luffy dalam cerita One Piece, komik atau manga terlaris sepanjang masa. One Piece dan budaya populer lainnya kerap dimanfaatkan sebagai medium komunikasi publik, seperti yang dilakukan sejumlah pejabat dan tokoh politik di Indonesia. - Istimewa/Toei Animation

Bisnis.com, JAKARTA — Kisah pelayaran kru bajak laut Monkey D. Luffy dalam seri One Piece kian memanas. Tidak mau melewatkan euforia, Sri Mulyani Indrawati hingga Anies Baswedan memanfaatkan budaya populer itu untuk membentuk citra dan mengamplifikasi pesan-pesannya.

Layar kapal kelompok bajak laut Luffy telah terbentang sejak Juli 1997, saat komik atau manga One Piece terbit di majalah Shonen Jump. Dua tahun berselang, animasinya yang diproduksi oleh Toei Animation mulai mengudara di Fuji Television.

Seri tersebut bercerita soal perjalanan Luffy dan krunya, yang disebut sebagai nakama, mengarungi lautan untuk mencari One Piece—harta karun legenda yang sampai saat ini belum diketahui letak dan wujudnya. Kisah petualangan itu didaulat sebagai manga terlaris sepanjang masa, juga Guinnes World Record 2015 untuk komik dengan pengarang tunggal terlaris sepanjang masa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

  Konten Premium

Anda sedang membaca Konten Premium

Silakan daftar GRATIS atau LOGIN untuk melanjutkan membaca artikel ini.

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Wibi Pangestu Pratama
Terkini