Konten Premium

Jejak Jumbo Tersembunyi Emisi Karbon Data Center

Bisnis.com,23 Agt 2023, 20:00 WIB
Penulis: Wibi Pangestu Pratama & Iim Fathimah Timorria
Tumpukan perangkat server di pusat data yang berlokasi di Moskow, Rusia, pada Januari 2022. Data center diperkirakan berkontribusi sekitar 4 persen terhadap total emisi gas rumah kaca global, meskipun angka sebenarnya dinilai lebih tinggi lagi. - Bloomberg/Andrey Rudkov

Bisnis.com, JAKARTA — Emisi karbon yang dihasilkan dari operasional pusat data atau data center, juga komputasi awan, dinilai belum diperhitungkan dengan benar. Padahal, dengan kondisi itu saja, emisi karbonnya sudah melebihi aktivitas penerbangan dan perkapalan, sehingga berkontribusi terhadap perubahan iklim.

Praktisnya layanan server berbasis internet membuat semakin banyak bisnis yang beralih dari on-site server. Bisnis-bisnis pun mempercayakan pengelolaan servernya ke perusahaan seperti Amazon, Google, dan Microsoft.

Kepala Eksekutif Greenpixie, John Ridd menyebut bahwa 90 persen data di dunia dibuat dalam dua tahun terakhir. Hal itu menjadi cerminan bagaimana cepatnya adaptasi digital dan besarnya ketergantungan terhadap layanan digital.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

  Konten Premium

Anda sedang membaca Konten Premium

Silakan daftar GRATIS atau LOGIN untuk melanjutkan membaca artikel ini.

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Wibi Pangestu Pratama
Terkini
'