Konten Premium

Tameng Dana Darurat Asean Hadapi Pandemi Masa Depan

Bisnis.com,25 Agt 2023, 20:00 WIB
Penulis: Maria Elena & Wibi Pangestu Pratama
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dalam acara ASEAN Chairmanship, Developing Energy Efficient Mortgage in ASEAN Region yang berlangsung di Jakarta, Selasa (22/8/2023). Negara-negara Asia Tenggara telah mengumpulkan dana pandemi kawasan atau Asean Response Fund senilai US$17,7 juta atau Rp265,5 miliar./Dok. Kemenkeu

Bisnis.com, JAKARTA — Negara-negara Asean mantap mempersiapkan diri menghadapi risiko pandemi di masa mendatang dengan menyepakati dana pandemi kawasan atau Asean Response Fund. Inisiatif itu menjadi langkah awal kawasan ketika dana pandemi di tingkat internasional masih jauh dari ideal.

Pandemi Covid-19 semakin menyadarkan negara-negara berkembang, termasuk di Asean, bahwa mereka sangat rentan ketika menghadapi guncangan mahadahsyat di tingkat global. Negara-negara Asean ketar-ketir menghadapi dampak kesehatan, sosial, dan ekonomi dari pandemi itu.

Inisiatif pembentukan dana darurat khusus untuk pandemi bergulir di forum elit G20, dan kesepakatan pun muncul saat Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali, tahun lalu. Negara-negara Asean juga telah memulai langkahnya untuk menyiapkan dana darurat pandemi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

  Konten Premium

Anda sedang membaca Konten Premium

Silakan daftar GRATIS atau LOGIN untuk melanjutkan membaca artikel ini.

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Wibi Pangestu Pratama
Terkini