Contoh Kalimat Opini, Pengertian, Ciri-ciri, dan Jenisnya

Bisnis.com,27 Agt 2023, 12:41 WIB
Penulis: Hana Fathina
Contoh kalimat opini dan penjelasannya/Freepik.

Bisnis.com, JAKARTA - Kalimat opini adalah pernyataan berisi pendapat atau pemikiran seseorang yang sifatnya subjektif. Seperti kalimat fakta, sebenarnya bukan hal yang sulit untuk bisa menemukan contoh kalimat opini dalam kehidupan sehari-hari. Baik itu yang berbentuk tulisan maupun secara lisan yang langsung disampaikan oleh seseorang.

Kalimat opini yang disampaikan satu orang dengan orang yang lain wajar saja jika terdapat perbedaan. Mengingat bahwa pemikiran setiap orang berbeda-beda dalam menanggapi sesuatu. Sesuai sifatnya, kalimat yang bersifat opini ini harus bisa dibuktikan kebenarannya.

Berikut ini adalah beberapa contoh kalimat opini yang sudah dilansir dari berbagai sumber: 

1. Ciri-ciri kalimat opini 

2. Jenis-jenis kalimat opini 

Jenis kalimat opini yang pertama adalah kalimat opini perorangan. Di mana kalimat ini adalah pendapat yang disampaikan oleh orang tertentu

Jenis kalimat opini yang kedua adalah kalimat opini umum. Yakni kalimat pendapat yang sudah diakui oleh mayoritas orang, namun belum ada pembuktian secara ilmiah yang dipercaya tentang hal tersebut.

3. Langkah-langkah menulis opini 

Data yang dikumpulkan ini berguna untuk menguatkan kebenaran dari opini yang sahabat Dream bangun. Data-data tersebut bisa kamu dapatkan dari berbagai sumber, seperti internet, koran, buku, dan sebagainya.

Ini menjadi bagian yang penting karena dari opini atau pendapat kamu memiliki landasan faktanya yang sudah dipastikan kebenarannya. Selain itu, dengan meriset data juga bisa mempermudah kamu untuk nantinya mengarahkan opini serta menentukan tema dari opini yang akan kamu tulis.

Di mana dalam sebuah opini membutuhkan adanya argument yang kuat dari sang penulis. Dan sebaiknya jika argumen yang kamu bangun tersebut tidak mengikuti argument dari orang lain.

Perlu digaris bawahi bahwa dalam hal ini sudut pandang tersebut adalah sudut pandang dari sang penulis sendiri dan bukan dari orang lain. Dengan begitu, tulisan opini yang kamu buat tampak memiliki karakter kuat yang menggambarkan karakter diri kamu sendiri sebagai penulis.

Kesemua langkah sebelumnya hanya akan percuma jika tidak diaplikasikan dalam bentuk karya tulisan opini otentik dari diri kamu sendiri. Segera tuangkan idemu dalam tulisan dan biasakan menulisnya.

Hal ini dilakukan untuk mengoreksi adanya kesalahan dalam tulisan. Baik itu berupa typo atau ada diksi yang kurang tepat.

4. Contoh kalimat opini 

Itulah beberapa contoh kalimat opini yang mungkin belum kamu ketahu

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Taufan Bara Mukti
Terkini