Konten Premium

Polusi Udara Kikis Harapan Hidup Orang Indonesia, Salah Satu yang Terburuk di Dunia

Bisnis.com,31 Agt 2023, 18:30 WIB
Penulis: Wibi Pangestu Pratama
Warga yang menggunakan masker melintas di kawasan Jalan MH Thamrin, Jakarta, Selasa (8/8/2023). Polusi udara dapat menurunkan angka harapan hidup rata-rata masyarakat Indonesia hingga 1,4 tahun, sehingga perlu penanganan yang serius. - JIBI/Bisnis/Himawan L. Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA — Indonesia menjadi satu dari enam negara yang menerima dampak tertinggi penurunan angka harapan hidup akibat polusi udara. Penanganan masalah polusi hingga ke akar masalahnya menjadi sangat penting untuk memulihkan harapan hidup dan kesehatan publik.

Salah seorang kawan bercerita, dia senang bukan main saat hujan deras mengguyur wilayah Jabodetabek pada Minggu (27/8/2023) malam. Selepas hujan, udara menjadi agak segar—sesuatu yang sudah lama tidak dia rasakan di Jabodetabek.

Sayangnya, perasaan senang itu tidak bertahan lama. Pagi hari saat hendak berangkat kerja dia kembali menyaksikan pemandangan rutin yang belakangan menjadi perbincangan, langit Jakarta yang kelabu, udara yang tidak nyaman untuk dihirup.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

  Konten Premium

Anda sedang membaca Konten Premium

Silakan daftar GRATIS atau LOGIN untuk melanjutkan membaca artikel ini.

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Wibi Pangestu Pratama
Terkini