Konten Premium

Utak-atik Peta Politik Pilpres 2024 Efek Anies-Cak Imin

Bisnis.com,09 Sep 2023, 11:31 WIB
Penulis: Surya Dua Artha Simanjuntak
Bakal calon presiden Anies Baswedan (kiri) dan bakal calon wakil presiden Muhaimin Iskandar (kanan) berfoto bersama di sela Deklarasi Capres-Cawapres 2024 di Hotel Majapahit, Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (2/9/2023). PKB menerima tawaran Partai Nasdem untuk mengusung pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar sebagai bakal calon presiden dan bakal calon wakil presiden pada Pilpres 2024. ANTARA FOTO/Moch Asim/nym.

Bisnis.com, JAKARTA - Hanya butuh beberapa hari, peta perpolitikan Indonesia berubah drastis. Bagai kucing berkepala anjing, hampir tak ada yang menduga Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (Cak Imin) maju berpasangan sebagai calon presiden dan wakil presiden (capres-cawapres) di Pilpres 2024.

Duet Anies-Imin ini juga terealisasi begitu cepat, tak lebih dari lima hari. Akibatnya, koalisi pendukung Anies terpecah dan koalisi saingan dipaksa utak-atik taktik penentuan cawapres.

Menurut Cak Imin, semua bermula pada Selasa (29/9/2023) malam. Ketika itu, Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh mengajak ketua umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini bertemu di NasDem Tower, Jakarta Pusat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

  Konten Premium

Anda sedang membaca Konten Premium

Silakan daftar GRATIS atau LOGIN untuk melanjutkan membaca artikel ini.

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Nancy Junita
Terkini