Konten Premium

Potensi Percikan Dana Iklim dari Norwegia

Bisnis.com,09 Sep 2023, 16:00 WIB
Penulis: Herdanang Ahmad Fauzan
Bendera Norwegia berkibar dari sebuah kapal di dekat lokasi perakitan turbin angin lepas pantai mengambang di taman uji coba Hywind, yang dioperasikan oleh Statoil ASA, di Stord, Norwegia, pada hari Jumat, 23 Juni 2017. / Bloomberg-Carina Johansen

Bisnis.com, JAKARTA – Indonesia kembali mendapat potensi tambahan terkait akses pendanaan iklim. Kali ini sinyal positif datang dari Norwegia, yang mengklaim bahwa mereka berhasil menghimpun dana investasi tambahan 15,5 miliar kroner, atau setara Rp233 triliun sepanjang 2022.

Dalam pengugmuman pekan ini, pemerintah Norwegia menjelaskan bahwa sekitar 40 persen dari dana tambahan didapat dari investor swasta. Namun, peran terbesar atas penghimpunan dana tersebut tetap disumbang oleh Norfund, perusahan investasi milik pemerintah yang berfokus menyuntik pendanaan pembangunan ke negara-negara berkembang.

“Sumber pembiayaan tradisional tidak akan pernah cukup. Kami perlu terus menciptakan mekanisme pendanaan yang melibatkan semua pihak, termasuk investor swasta,” terang Menteri Pembangunan Internasional Norwegia Anne Beathe Tvinnereim, dikutip dari Bloomberg Sabtu (9/3/2023).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

  Konten Premium

Anda sedang membaca Konten Premium

Silakan daftar GRATIS atau LOGIN untuk melanjutkan membaca artikel ini.

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Herdanang Ahmad Fauzan
Terkini