Konten Premium

Saat Masa Keemasan Golden Visa Berakhir di Sejumlah Negara

Bisnis.com,12 Sep 2023, 20:00 WIB
Penulis: Wibi Pangestu Pratama
Wisatawan di kawasan Terreiro do Paco, Lisbon, Portugal pada Jumat (4/8/2023). Sejumlah negara menghentikan dan merevisi program golden visa karena berbagai alasan, ketika di sisi lain Indonesia akan memberlakukan golden visa demi menarik investasi. / Bloomberg-Goncalo Fonseca

Bisnis.com, JAKARTA — Sejumlah negara menghapuskan dan merevisi ketentuan golden visa setelah menikmati masa-masa keemasannya, berkat aliran deras investasi yang masuk. Di sisi lain, Indonesia justru memilih menerbitkan golden visa demi menarik modal asing.

Bagi orang-orang berkantong tebal, fasilitas golden visa dapat menjadi tawaran yang sangat menarik karena memungkinkannya untuk bisa keluar-masuk suatu negara dengan cukup leluasa. Lalu, terdapat pula peluang investasi yang ditempatkannya berkembang dan memberikan keuntungan.

Melalui golden visa, seseorang dapat memperoleh izin tinggal di suatu negara dalam jangka waktu tertentu jika berinvestasi di negara tersebut. Izin tinggal yang diberikan beragam, mulai dari 2 tahun hingga 10 tahun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

  Konten Premium

Anda sedang membaca Konten Premium

Silakan daftar GRATIS atau LOGIN untuk melanjutkan membaca artikel ini.

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Wibi Pangestu Pratama
Terkini