Konten Premium

Menerawang Saham GOTO dan Bukalapak kala Inflasi Amerika Serikat Naik

Bisnis.com,15 Sep 2023, 11:00 WIB
Penulis: Redaksi
Pegawai beraktivitas di dekat layar yang menampilkan data saham di PT Bursa Efek Indonesia di Jakarta, Rabu (2/8/2023). Bisnis/Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA – Hasil data indeks harga konsumen Amerika Serikat yang menunjukkan peningkatan akibat harga bensin yang naik dapat memicu pengetatan suku bunga oleh The Fed sehingga berdampak bagi saham teknologi seperti Goto dan Bukalapak.

Indeks Harga Konsumen (IHSK) yang menjadi parameter inflasi naik menjadi 3,7 persen pada Agustus dibandingkan dengan Juli sebesar 3,2 persen. Angka tersebut sedikit lebih tinggi dari perkiraan tingkat tahunan sebesar 3,6 persen yang diperkirakan para ekonom, menurut Refinitiv. Secara bulanan, harga naik 0,6 persen di bulan Agustus, dibandingkan dengan kenaikan 0,2 persen di bulan Juli.

Namun, inflasi inti melambat menjadi 4,3 persen dari 4,7 persen dalam 12 bulan terakhir. Hal itu merupakan indikasi bahwa 11 kenaikan suku bunga yang dilakukan oleh Federal Reserve berhasil berdampak pada perekonomian. Inflasi inti bulanan naik sebesar 0,3 persen pada bulan Agustus, meningkat secara signifikan untuk pertama kalinya sejak bulan Februari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

  Konten Premium

Anda sedang membaca Konten Premium

Silakan daftar GRATIS atau LOGIN untuk melanjutkan membaca artikel ini.

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Pandu Gumilar
Terkini