Konten Premium

Polusi dan Perubahan Iklim Ancam Dunia

Bisnis.com,19 Sep 2023, 13:00 WIB
Penulis: Erta Darwati
Pemandangan udara menunjukkan mobil-mobil di jalan saat instalasi Art Eggcident karya seniman Belanda Henk Hofstra terlihat di trotoar Faria Lima Avenue, di Sao Paulo, Brasil 18 September 2023. REUTERS/Amanda Perobelli

Bisnis.com, JAKARTA - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan bahwa musim kemarau telah menimbulkan kekeringan di berbagai wilayah Indonesia. Wilayah Indonesia yang semestinya sudah mengalami musim hujan, kini masih dilanda kemarau karena dampak El Nino.

El Nino merupakan salah satu perubahan iklim yang disebabkan oleh meningkatnya suhu perairan yang berada di Samudera Pasifik terutama bagian tengah. Kemarau yang melanda hampir seluruh wilayah Indonesia memperparah polusi udara yang telah terjadi di Ibu Kota Jakarta.

Musim kemarau berkepanjangan membuat polusi udara Jakarta sulit untuk ditangani karena hujan yang tidak turun begitu lama. Berbagai upaya dilakukan pemerintah untuk mengatasi polusi udara Jakarta dengan melakukan penyemprotan air di jalan, juga dari atas gedung (water mist), hingga melakukan modifikasi cuaca, meski hasilnya tidak signifikan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

  Konten Premium

Anda sedang membaca Konten Premium

Silakan daftar GRATIS atau LOGIN untuk melanjutkan membaca artikel ini.

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Nancy Junita
Terkini