Konten Premium

Saat Saham Small Caps Negara Berkembang Taklukkan Performa Big Caps

Bisnis.com,19 Sep 2023, 12:00 WIB
Penulis: Wibi Pangestu Pratama
Pengunjung memotret layar yang menampilkan data saham di PT Bursa Efek Indonesia (BEI) Jakarta pada Senin (11/9/2023). Berdasarkan data MSCI, saham-saham small caps di negara berkembang mencatatkan kinerja yang ciamik, melebihi saham-saham big caps. - Bisnis/Himawan L. Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA — Saham-saham berkapitalisasi kecil alias small caps di negara berkembang mencatat kinerja ciamik, karena dapat mengungguli saham-saham berkapitalisasi besar atau big caps. Penyebabnya, perusahaan kecil tidak begitu terpapar oleh masalah ekonomi global.

Perdagangan dari saham-saham small caps di negara berkembang telah memberikan keuntungan 12 persen lebih baik dibandingkan dengan kinerja indeks saham big caps MSCI (MSCI large-cap index) sepanjang tahun berjalan.

MSCI Emerging Markets Small Cap Index, yang mencakup 1.905 saham dengan nilai pasar rata-rata US$583 juta, berhasil naik 14,2 persen sepanjang tahun ini. Sementara itu, indeks saham big caps yang nilai pasarnya rata-rata US$7,9 miliar hanya tumbuh 1,8 persen sepanjang tahun ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

  Konten Premium

Anda sedang membaca Konten Premium

Silakan daftar GRATIS atau LOGIN untuk melanjutkan membaca artikel ini.

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Wibi Pangestu Pratama
Terkini