Syarat dan Cara Jualan di TikTok Shop untuk Pemula Agar Cuan

Bisnis.com,19 Sep 2023, 21:30 WIB
Penulis: Hana Fathina
Cara Jualan di TikTok Shop/Bisnis-Muh Rizky Nurawan.

Bisnis.com, JAKARTA - TikTok merupakan media sosial yang sedang naik daun karena sejumlah fitur miliknya. Di mana, pengguna bisa menikmati sejumlah konten video, foto, live streaming, bahkan berbelanja pada aplikasi tersebut hanya dengan scrolling layar handphone. Meskipun terbilang baru, jualan di Tiktok Shop nyatanya cukup menguntungkan bagi para penjual karena aplikasi ini memiliki target pasar luas yang bisa disesuaikan. Untuk itu kamu perlu mengetahui cara jualan di TikTok. 

Karena memiliki sistem yang cukup berbeda dibanding platform lainnya, maka para seller TikTok Shop perlu memperhatikan beberapa hal untuk tingkatkan penjualan.

Berikut ini adalah beberapa cara jualan di TikTok untuk Pemula yang sudah dilansir dari berbagai sumber: 

1. Cara jualan di TikTok shop untuk pemula 

Cara jualan di tiktok yang pertama dengan mengenal cara kerjanya. TikTok menjadi salah satu platform yang memiliki fokus pada sharing konten video dan setiap video berdurasi 15 detik sampai 3 menit. Jadi, cukup banyak bisnis online yang memilih jualan di TikTok.

Caranya kamu bisa membuat video produk, lalu bisa gunakan latar musik yang sedang hype atau bisa menarik audiens. Nanti pengguna TikTok dapat memberikan komentar, like, sampai membagikan video tersebut ke platform sosial media lainnya.

Faktor lain agar video kamu muncul di for your page (fyp) adalah memakai hashtag di setiap video yang kamu buat. Bisa dibilang hashtag menjadi bagian dari informasi video sehingga jadi rujukan untuk diberikan rekomendasi video tersebut ke pengguna lain.

Pertama, cari dulu ide konten video sebagai strategi marketing TikTok, kamu bisa mencari ide dari content creator lainnya. Atau dapat mengikuti tren yang lagi berkembang di TikTok.

Untuk meningkatkan brand awareness salah satu tipsnya yaitu kamu mesti konsisten memposting konten. Coba deh kamu bayangin nih, misalnya konten kamu muncul di beranda pengguna maupun followers udah pasti mereka melihat video kamu.

Ada kemungkinan mereka juga menyukai bahkan komentar terhadap konten yang dibuat dan semakin banyak orang yang menyukainya, video kamu bisa tampil di halaman fyp. Sehingga cara jualan di tiktok ini cocok untuk menambah awareness pengguna TikTok lainnya.

Biasanya jualan online seperti marketplace, website, maupun social commerce termasuk TikTok shop, pasti memiliki berbagai kendala. Misalnya, upload produk, sinkronisasi stok barang, sampai proses orderan yang hampir ratusan pesanan.

Strategi marketing TikTok yang nggak boleh dilewatkan oleh penjual online yaitu penggunaan iklan TikTok atau disebut TikTok ads. Tujuannya supaya kamu bisa menjangkau audiens yang lebih besar lagi. Cara jualan di tiktok ini sangat cocok untuk anda yang memiliki budget lebih. 

Tips jualan ini bisa kamu gunakan untuk meningkatkan potensi penjualan dan di sisi lain bisa menambah penghasilan affiliate juga. Sebab, sebagai seorang TikTok affiliate tanpa stok barang, mereka bisa menawarkan produk menggunakan keranjang kuning.

Ilustrasi seller jualan di TikTok Shop (Sumber Freepik)

2. Syarat jualan di tiktok  

Syarat jualan di TikTok ini memang terdengar sepele, tapi terkadang masih banyak beberapa orang yang tidak mengetahui apakah aplikasi TikTok yang berada pada smartphonenya itu merupakan versi reguler atau non-lite.

syarat jualan di TikTok pada poin nomor dua bisa kamu buktikan dengan kepemilikan Kartu Tanda Penduduk atau KTP yang dimiliki. Oleh karena itu, kalau kamu sudah punya usia legal dan ingin mulai berbisnis di TikTok Shop, segeralah untuk mengurus KTP di kantor wilayah terdekat.

Syarat jualan di TikTok ini perlu dipenuhi karena akan bersangkutan dengan hal-hal kepatuhan hukum. Misalnya, jika nanti saat TikTok Shop berjalan terjadi satu atau lain hal yang berkaitan dengan hukum, kamu akan menjadi penanggung jawabnya.

Keaktifan dalam mengunggah konten juga jadi salah satu syarat jualan di TikTok. Jadi, kamu tidak bisa kalau sekadar punya akun tanpa mengelolanya dengan baik. Hal ini tentu perlu jadi pertimbangan lain ketika kamu ingin bergabung di TikTok Shop.

TikTok juga memberlakukan jumlah followers atau pengikut bagi penggunanya yang ingin membuka TikTok Shop sebagai Seller, yaitu sebanyak 2.000 orang.  Syarat jualan di TikTok memang terdengar susah untuk dipenuhi, apalagi followers yang dimiliki haruslah followers aktif.

Selain jumlah followers dan aktif dalam mengunggah konten video TikTok, syarat jualan di TikTok yang lain adalah punya konten video dengan jumlah tayang atau views lebih dari 50. Penilaian ini berlaku untuk menunjukkan kredibilitas dari akun TikTok yang kamu miliki, bahwa akun TikTok Shop benar-benar aman.

Syarat jualan di TikTok Shop yang harus kamu penuhi selanjutnya adalah tidak menjual produk yang dilarang oleh TikTok. Adapun contoh kategori barang yang dilarang untuk dijual oleh TikTok seperti obat terlarang, senjata tajam, produk palsu, imitasi, produk layanan dewasa, dan produk berbahaya lainnya.

3. Tips Jualan di TikTok Shop agar Laris Manis

Itulah beberapa cara jualan di tiktok yang bisa menambah penghasilan kamu. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Taufan Bara Mukti
Terkini