40 Contoh Majas Ironi, Pengertian, Ciri-Ciri, dan Fungsinya

Bisnis.com,22 Sep 2023, 20:15 WIB
Penulis: Hana Fathina
Contoh Majas Ironi/Bisnis-Rizky Nurawan.

Bisnis.com, JAKARTA - Majas ironi adalah salah satu jenis majas sindiran merupakan gaya bahasa yang mengandung pernyataan yang sangat bertentangan atau berbanding terbalik dengan kenyataan yang ada. Ironi digunakan sebagai sebuah sindiran halus, agar seseorang tidak merasa tersinggung. Untuk itu kamu harus perlu mengetahui contoh majas ironi. 

Dalam karya sastra, majas sering digunakan untuk mendukung sebuah karya. Bagi pembaca, majas menambahkan kesan imajinatif untuk pembaca. Contohnya saja penggunaan kata majas dalam pantun, puisi, cerpen, dan novel.

Berikut ini adalah beberapa contoh majas ironi yang sudah dilansir dari berbagai sumber:

1. Ciri-ciri majas ironi

2. Fungsi majas 

Dengan menggunakan majas, kalimat yang dilontarkan atau yang dituliskan pada sebuah karya sastra akan terasa lebih mengena dan meresap.

Majas bisa membuat sebuah kalimat memiliki makna yang penting. Sedangkan sesuatu yang penting akan menghasilkan kesan yang lebih dalam.

Majas bisa memperlihatkan karakter, jiwa, dan kepribadian penulisnya secara gamblang. Melalui majas yang mengalir dengan indah dalam kalimat pada karya sastra, pembaca akan lebih mengenal dan memahami si penulis dilihat dari jenis majas yang sering digunakan.

Penulis yang memahami berbagai jenis majas cenderung lebih kreatif dan imajinatif. Selain itu, penggunaan majas dalam karya sastra mampu menarik perhatian serta memberikan nyawa pada karya sastra tersebut.

3. Contoh majas ironi 

Itulah beberapa contoh majas ironi yang mungkin belum kamu ketahui.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Taufan Bara Mukti
Terkini