Konten Premium

Diam-Diam, 'Teror' Pinjol Ancam Kesehatan Mental Anak Bangsa

Bisnis.com,02 Okt 2023, 21:00 WIB
Penulis: Aziz Rahardyan & Wibi Pangestu Pratama
Seorang advokat menggunakan kaus bertuliskan 'Mental Health Matters' dalam aksi unjuk rasa untuk meningkatkan kesadaran publik soal isu kesehatan mental di Michigan, Amerika Serikat pada Kamis (15/9/2022). Tumpukan utang pinjol dinilai menjadi salah satu ancaman bagi kesehatan mental masyarakat. - Bloomberg/Emily Elconin

Bisnis.com, JAKARTA — Tumpukan utang hingga teror dari layanan pinjaman online alias pinjol menjadi persoalan baru yang dapat mengancam kesehatan mental masyarakat Indonesia. Masalah kompleks itu tidak bisa hanya ditinjau dari sudut pandang keuangan.

Belakangan, publik dibuat geger dengan kabar meninggalnya salah seorang peminjam (lender) yang diduga akibat utang pinjol. Orang tersebut mengakhiri hidupnya diduga karena tertekan oleh tagihan pinjol yang melambung tinggi.

Masalah itu tidak muncul tiba-tiba, karena masalah penumpukan utang pinjol sampai polemik penagihan oleh debt collector ramai terjadi beberapa tahun terakhir. Bahkan, di sisi lain, muncul orang-orang yang dengan nekat sengaja melakukan gagal bayar (galbay) di pinjol.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

  Konten Premium

Anda sedang membaca Konten Premium

Silakan daftar GRATIS atau LOGIN untuk melanjutkan membaca artikel ini.

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Wibi Pangestu Pratama
Terkini