Konten Premium

Trilema Krisis Iklim versi IMF, Antara Emisi, Utang, dan Politik

Bisnis.com,05 Okt 2023, 10:00 WIB
Penulis: Wibi Pangestu Pratama
Uap muncul dari tungku di pembangkit listrik Rybnik Power Plant, yang terlihat di balik tambang batu bara di Rybnik, Polandia pada Jumat (17/3/2023). IMF menilai bahwa penetapan harga karbon atau carbon pricing menjadi solusi paling baik dalam penurunan emisi karbon, baik dari sisi ekonomi maupun politik. - Bloomberg/Bartek Sadowski

Bisnis.com, JAKARTA — Pencarian solusi yang layak secara politik dan tidak menimbulkan banyak utang menjadi tantangan dalam kebijakan penanganan emisi karbon dan krisis iklim secara global. IMF menilai penetapan harga karbon atau carbon pricing, yang berkaitan dengan bursa karbon, sebagai solusi paling ideal sejauh ini.

Suhu permukaan bumi yang terus meningkat, lalu badai-badai yang terjadi lebih intens memberikan tekanan yang lebih besar bagi komunitas global untuk menangani masalah perubahan iklim secepat dan seoptimal mungkin. Namun, langkah itu tidak mudah.

Dilansir dari Bloomberg, International Monetary Fund (IMF) dalam laporan Fiscal Monitor teranyarnya menyebut istilah trilema, yakni kebingungan yang mencakup tiga aspek: emisi karbon, utang negara, dan politik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

  Konten Premium

Anda sedang membaca Konten Premium

Silakan daftar GRATIS atau LOGIN untuk melanjutkan membaca artikel ini.

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Wibi Pangestu Pratama
Terkini