Konten Premium

Sinyal Kuat Ajek Suku Bunga BI saat Rupiah dan Pasar Global Volatil

Bisnis.com,11 Okt 2023, 11:30 WIB
Penulis: Annasa Rizki Kamalina & Wibi Pangestu Pratama
Potret wajah Mantan Presiden Sukarno dalam uang lembar Rp100.000. Bank Indonesia menyatakan akan menahan suku bunga BI stabil untuk sementara waktu demi menjaga rupiah dari volatilitas pasar global, meskipun inflasi Indonesia tercatat bergerak rendah. - Bloomberg/Brent Lewin

Bisnis.com, JAKARTA — Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo menyampaikan pesan lugas, yakni akan mempertahankan suku bunga BI stabil beberapa waktu ke depan. BI tidak akan melakukan pelonggaran moneter dalam waktu dekat, demi melindungi rupiah dari volatilitas pasar global.

Laju inflasi biasanya menjadi variabel utama dalam penentuan turunnya suku bunga BI. Sehingga, ketika inflasi September 2023 berhasil turun ke 2,28 persen (year-on-year/YoY), mendekati batas bawah sasaran pemerintah yakni 3±1 persen, harapan soal turunnya suku bunga mulai muncul.

Sayangnya, ekonomi dunia sedang tidak baik-baik saja. Volatilitas nilai tukar masih terjadi di berbagai negara, terutama dipicu oleh spekulasi kenaikan suku bunga selanjutnya oleh Federal Reserve (The Fed).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

  Konten Premium

Anda sedang membaca Konten Premium

Silakan daftar GRATIS atau LOGIN untuk melanjutkan membaca artikel ini.

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Wibi Pangestu Pratama
Terkini