Konten Premium

India hingga Indonesia di Balik Bayang-Bayang Dampak Perang dan Harga Minyak

Bisnis.com,16 Okt 2023, 11:30 WIB
Penulis: Wibi Pangestu Pratama
Uap mengepul dari pabrik petrochemical. Pelemahan nilai tukar, tingginya harga minyak dunia, hingga konflik geopolitik seperti perang Israel Palestina dinilai akan memengaruhi perekonomian sejumlah negara berkembang, dengan yang paling terdampak di antaranya adalah India dan Indonesia. - Bloomberg/Eddie Seal

Bisnis.com, JAKARTA — Di antara negara-negara berkembang Asia, India hingga Indonesia dinilai menjadi yang paling terdampak oleh ketidakstabilan geopolitik dan tekanan ekonomi. Di sisi lain, Malaysia mungkin menerima manfaat dari kondisi saat ini berkat tingginya harga minyak.

Konflik Israel vs Hamas atau perang Israel Palestina menjadi peristiwa geopolitik yang cukup memengaruhi lanskap ekonomi global. Konflik itu turut memicu pergerakan harga minyak global, ketika nilai tukar dolar AS sedang melonjak.

Dilansir dari Bloomberg, para ekonom mengkhawatirkan rambatan dampak perang Israel-Palestina terhadap perekonomian negara-negara berkembang di Asia. Dampak utama berasal dari penyusunan kebijakan terkait pasokan minyak, nilai tukar, dan imbal hasil obligasi, yang nantinya berpotensi memengaruhi pertumbuhan ekonomi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

  Konten Premium

Anda sedang membaca Konten Premium

Silakan daftar GRATIS atau LOGIN untuk melanjutkan membaca artikel ini.

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Wibi Pangestu Pratama
Terkini