Menlu AS "Dipermalukan" Pangeran MBS, Tiba-tiba Dighosting dalam Pertemuan Diplomatik

Bisnis.com,18 Okt 2023, 15:35 WIB
Penulis: Restu Wahyuning Asih
Menlu Amerika Serikat Antony Blinken menyampaikan pandangan pada Pertemuan Menteri Luar Negeri ASEAN (PMC) dengan Amerika Serikat di Jakarta, Jumat (14/7/2023). ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/nz

Bisnis.com, SOLO - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Antony Blinken secara terang-terangan "dipermalukan" oleh Arab Saudi.

Antony harus menunggu selama berjam-jam saat hendak melakukan pertemuan diplomatik dengan Pangeran Mohammed bin Salman (MBS).

Pertemuan yang dijadwalkan pada 14 Oktober 2023 di Riyadh, menjadi sejarah aneh karena AS gagal mendapat kepercayaan dari Arab Saudi.

Blinken dibiarkan menunggu selama berjam-jam jelang pertemuannya dengan MBS. Hingga akhirnya, pertemuan itu dibatalkan dan dijadwalkan ulang.

Saat ditanya wartawan mengenai pertemuannya, Blinken hanya menjawab bahwa hasilnya "sangat produktif".

Melansir dari politico.com, pertemuannya dengan MBS adalah diplomasi gagal karena AS gagal membuat sebagian besar pemimpin Arab mengecam Hamas atas serangan brutal terhadap Palestina.

Di sisi lain, MBS justru menyuarakan Israel untuk menghentikan perang dan membuka jalur Gaza agar bantuan datang.

Hasil pertemuan ini dilaporkan bahwa kedua pejabat sepakat untuk melindungi hak-hak sipil dan menghentikan konflik yang terjadi antara Israel dan Palestina.

“Menteri menyoroti fokus Amerika Serikat yang teguh dalam menghentikan serangan teroris oleh Hamas, menjamin pembebasan semua sandera, dan mencegah konflik menyebar,” kata Juru bicara Departemen Luar Negeri AS Matthew Miller.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Restu Wahyuning Asih
Terkini