Konten Premium

Perang Dingin GOTO vs Ojol Rusia lewat GoRide Nego

Bisnis.com,30 Okt 2023, 14:30 WIB
Penulis: Leo Dwi Jatmiko & Wibi Pangestu Pratama
Pengemudi atau driver Gojek mengantarkan paket pesanan dari platform Tokopedia di Jakarta, Jumat (8/4/2022). GOTO menawarkan GoRide Nego yang memungkinkan penumpang menegosiasikan harga dengan driver. Fitur itu telah lebih dahulu digunakan oleh perusahaan ojol asal Rusia, InDrive—yang sebelumnya bernama InDriver. - Bloomberg/Dimas Ardian

Bisnis.com, JAKARTA — Tawar menawar harga antara penumpang dengan pengemudi ojol menandai babak baru persaingan antara PT Ind Mobitech Service (InDrive, atau sebelumnya bernama InDriver) dengan PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk. (GOTO), yang baru saja meluncurkan fitur GoRide Nego.

Hal lazim bagi para pengguna ojek online atau ojol untuk membandingkan harga dari berbagai aplikasi sebelum melakukan perjalanannya. Mereka bersedia mengecek satu per satu, termasuk adanya promo, untuk bisa mendapatkan tarif ojol termurah.

'Kebiasaan' itu cukup terdisrupsi dengan hadirnya model bisnis peer-to-peer (P2P) dalam ojol, yang memungkinkan penumpang untuk menawar harga kepada pengemudi. Berbeda dengan model konvensional di mana tarif terlebih dahulu ditentukan aplikasi berdasarkan jarak tempuh dan waktu pemesanan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

  Konten Premium

Anda sedang membaca Konten Premium

Silakan daftar GRATIS atau LOGIN untuk melanjutkan membaca artikel ini.

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Wibi Pangestu Pratama
Terkini