Konten Premium

Bank Saqu, Jalan Astra (ASII) Kembali ke Bisnis Bank

Bisnis.com,14 Nov 2023, 16:00 WIB
Penulis: Fahmi Ahmad Burhan & Rizqi Rajendra
Bank Saqu, Jalan Astra (ASII) Kembali ke Bisnis Bank/ Dok Freepik

Bisnis.com, JAKARTA -- Setelah mengakuisisi PT Bank Jasa Jakarta (BJJ), emiten konglomerasi PT Astra International Tbk (ASII) merintis jalan kembali untuk masuk ke bisnis bank. ASII dikabarkan segera meluncurkan bank digital dengan nama Bank Saqu.

Astra sebelumnya pernah memiliki 44,56% saham Bank Permata (BNLI). Kepemilikan itu kemudian dilepas kepada Bangkok Bank dengan transaksi penjualan mencapai Rp16,83 triliun pada 2020 lalu.

Informasi kehadiran Bank Saqu nampak melalui Google Play Store. BJJ merilis aplikasi Bank Saqu pada 11 Oktober 2023 dan mendapatkan pembaruan pada 2 November 2023.

"Bank Saqu adalah perbankan dengan layanan digital yang didesain untuk kamu yang mau bekerja keras dan memiliki banyak usaha dalam menggapai mimpi-mimpimu," tulis pengembang di Google Play dikutip Bisnis pada Jumat (10/11/2023).


Sebagai konteks, Astra resmi mengakuisisi BJJ pada 2022 lalu. ASII bersama bersama WeLab Sky Limited mengakuisisi BJJ dengan nilai transaksi mencapai US$500 juta.

Melalui aksi korporasi itu, WeLab dan Astra Financial masing-masing memiliki saham BJJ sebesar 49,56% dan menjadikan ASII sebagai pemegang saham pengendali BJJ.

Dalam penjelasan di Google Play Store ditulis Bank Saqu menawarkan reward kepada penggunanya. Platform juga menawarkan pembukaan akun baru yang cepat, tanpa saldo minimal, dan tak perlu datang ke bank.

Terdapat juga fitur Saku Booster yang menawarkan bunga hingga 10%. Selain itu, ada fitur Mission untuk mendapatkan reward. Sejumlah fitur lain juga disematkan pada aplikasi tersebut.

Astra sebelumnya memang berencana untuk meluncurkan bank digital baru setelah mengakuisisi BJJ. Bank digital itu ditargetkan bisa meluncur pada akhir tahun ini.

"Nanti kami undang kalau launching," kata Direktur Astra Financial Handoko Liem dalam acara Bincang-Bincang Astra Financial 2023 pada Maret lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

  Konten Premium

Anda sedang membaca Konten Premium

Silakan daftar GRATIS atau LOGIN untuk melanjutkan membaca artikel ini.

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Thomas Mola
Terkini