Sejarah Hari Anak Sedunia 20 November

Bisnis.com,20 Nov 2023, 06:52 WIB
Penulis: Aprianus Doni Tolok
Sejarah Hari Anak Sedunia 20 November / PBB

Bisnis.com, JAKARTA - Hari Anak Sedunia diperingati setiap tanggal 20 November.

Dilansir dari laman resmi PBB, peringatan yang pertama kali ditetapkan pada 1954 ini dilakukan untuk mempromosikan kebersamaan internasional, kesadaran di antara anak-anak di seluruh dunia, dan meningkatkan kesejahteraan anak.

Tanggal 20 November dipilih karena merupakan tanggal Majelis Umum PBB mengadopsi Deklarasi Hak-Hak Anak, tepatnya pada 1959.

Tanggal tersebut juga merupakan tanggal pada 1989 ketika Majelis Umum PBB mengadopsi Konvensi Hak Anak .

Sejak 1990, Hari Anak Sedunia juga menandai peringatan Majelis Umum PBB mengadopsi Deklarasi dan Konvensi tentang hak-hak anak.

PBB berpesan bahwa orang tua, guru, perawat dan dokter, pemimpin pemerintahan dan aktivis masyarakat sipil, tokoh agama dan masyarakat, pengusaha dan profesional media, serta generasi muda dan anak-anak itu sendiri, dapat memainkan peran penting dalam menjadikan Hari Anak Sedunia relevan bagi anak-anak mereka. masyarakat, komunitas dan bangsa.

Hari Anak Sedunia menawarkan kepada kita sebuah titik masuk yang inspiratif untuk mengadvokasi, mempromosikan dan merayakan hak-hak anak, yang diwujudkan dalam dialog dan tindakan yang akan membangun dunia yang lebih baik bagi anak-anak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Aprianus Doni Tolok
Terkini