Konten Premium

Ambisi Dongkrak Belanja Negara, Kualitas Pengeluaran Jadi Taruhan

Bisnis.com,23 Nov 2023, 17:00 WIB
Penulis: Annasa Rizki Kamalina & Wibi Pangestu Pratama
Potret wajah Mantan Presiden Sukarno dalam uang lembar Rp100.000. Rasio belanja negara terhadap PDB Indonesia merupakan yang terendah dibandingkan negara-negara G20, sehingga muncul keinginan untuk terus meningkatkan belanja negara. - Bloomberg/Brent Lewin

Bisnis.com, JAKARTA — Pemerintah berambisi meningkatkan belanja negara sebagai salah satu komponen utama perekonomian. Langkah itu akan beriringan dengan sorotan terhadap kualitas belanja APBN.

Hampir seluruh aspek perekonomian dapat bergerak oleh keberadaan belanja negara, seperti pembangunan infrastruktur, penyaluran subsidi, pemberian insentif, hingga penyediaan berbagai layanan publik yang bersumber dari anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN). Perannya memang begitu vital.

Pada kuartal III/2023, konsumsi pemerintah yang menjadi bagian dari belanja negara, berkontribusi hingga 7,16% dalam distribusi produk domestik bruto (PDB). Belanja negara juga turut memengaruhi konsumsi rumah tangga, yang berkontribusi 52,62% dalam distribusi PDB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

  Konten Premium

Anda sedang membaca Konten Premium

Silakan daftar GRATIS atau LOGIN untuk melanjutkan membaca artikel ini.

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Wibi Pangestu Pratama
Terkini