Konten Premium

Lagu Lama Serap Belanja Negara

Bisnis.com,27 Nov 2023, 10:00 WIB
Penulis: Annasa Rizki Kamalina & Wibi Pangestu Pratama
Siluet pekerja beraktivitas dengan latar belakang deretan gedung bertingkat dan pemukiman di Jakarta, Selasa (23/5/2023). Pemerintah harus merealisasikan 30% belanja negara hanya dalam dua bulan. Tradisi kebut belanja APBN itu tidak efektif tetapi kerap terjadi dari tahun ke tahun. - Bisnis/Arief Hermawan P.

Bisnis.com, JAKARTA — Sistem kebut semalam atau SKS seolah menjadi kebiasaan masyarakat Indonesia dalam berbagai aspek, termasuk dalam pelaksanaan belanja negara. Pengelolaan belanja APBN yang optimal semestinya memberikan dampak ekonomi bagi masyarakat secara luas.

Memasuki kuartal IV/2023, di media sosial Twitter atau kini bernama X sejumlah akun aparatur sipil negara (ASN) ramai membahas soal perjalanan dinas, rapat dan menginap di hotel, maupun berbagai gelaran seminar. Beberapa juga menyebut akan semakin sibuk karena banyaknya proyek yang harus rampung pada akhir tahun.

Ungkapan-ungkapan itu menjadi cerminan 'tradisi' tahunan untuk mengebut realisasi belanja pemerintah menjelang akhir tahun. Realisasi belanja pada akhir tahun memang kerap dibarengi dengan berbagai rapat dan perjalanan dinas, seperti yang dituturkan para ASN atau pegawai negeri sipil (PNS).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

  Konten Premium

Anda sedang membaca Konten Premium

Silakan daftar GRATIS atau LOGIN untuk melanjutkan membaca artikel ini.

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Wibi Pangestu Pratama
Terkini