Konten Premium

Banjir Keluhan Publik Sulit Klaim Asuransi, Pengajuannya justru Meningkat

Bisnis.com,30 Nov 2023, 11:30 WIB
Penulis: Rika Anggraeni & Wibi Pangestu Pratama
Warga yang menggunakan masker melintas di kawasan Jalan MH Thamrin, Jakarta, Selasa (8/8/2023). Pemprov DKI Jakarta mengimbau warga menggunakan masker untuk mengantisipasi polusi udara di Ibu Kota. - JIBI/Bisnis/Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA — Kasus yang menimpa AJB Bumiputera 1912 dan sejumlah perusahaan asuransi lain menjadi determinan banjirnya keluhan konsumen soal sulitnya klaim asuransi. Evaluasi dan penguatan bisnis asuransi perlu terus dilakukan.

Cukup mudah menemukan publik yang berkeluh kesah di media sosial soal klaim asuransi yang tidak kunjung cair. Misalnya, sepanjang tahun ini, keluhan banyak muncul dari para pemegang polis AJB Bumiputera 1912, asuransi WanaArtha Life, dan asuransi Kresna Life.

Dari banyaknya keluhan itu, sejumlah pemegang polis memilih untuk menempuh jalur formal, yakni dengan mengadukannya kepada Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Mereka tentu menaruh harapan bahwa otoritas dapat membantu menyelesaikan masalah klaim, yang merupakan hak sang pemegang polis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

  Konten Premium

Anda sedang membaca Konten Premium

Silakan daftar GRATIS atau LOGIN untuk melanjutkan membaca artikel ini.

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Wibi Pangestu Pratama
Terkini