Pengertian Dividen dan Mekanisme Pembagiannya

Bisnis.com,06 Des 2023, 16:40 WIB
Penulis: Rendi Mahendra
Pengertian dividen dan setiap jenisnya./Freepik

Bisnis.com, JAKARTA - Dalam dunia bisnis, pembagian dividen merupakan hal yang dinantikan oleh para pemegang saham. Dividen adalah bagian dari laba perusahaan yang dibagikan kepada pemegang saham setelah disetujui oleh direksi dan rapat para pemegang saham. Pembagian dividen merupakan bentuk imbalan atas investasi yang dilakukan oleh pemilik saham di perusahaan.

Jenis-Jenis Dividen

Terdapat beberapa jenis dividen yang umumnya dikenal dan disetujui dalam rapat pemegang saham:

Tujuan Pembayaran Dividen

Pembayaran dividen bertujuan memberikan imbalan kepada pemilik saham atas kepercayaan mereka terhadap perusahaan. Hal ini mencerminkan kinerja positif perusahaan dan membantu mempertahankan kepercayaan investor.

Mekanisme Pembagian Dividen

Dalam pembagian dividen, terdapat dua mekanisme utama yang digunakan:

Pembagian dividen ini dapat terjadi dalam satu tahun. Dividen final biasanya didasarkan pada hasil Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) dikurangi dengan dividen interim yang telah dibagikan sebelumnya.

Prosedur Pembayaran Dividen

Prosedur pembayaran dividen mencakup beberapa tahap penting:

Pajak Dividen

Dividen yang diterima oleh pemegang saham dikenai pajak. Di Indonesia, dividen dikenakan Pajak Penghasilan (PPh) Pasal 23 dan 26. PPh Pasal 23 dikenakan pada wajib pajak dalam negeri dengan potongan pajak sebesar 15%. Sementara PPh Pasal 26 dikenakan pada wajib pajak luar negeri dengan potongan pajak sebesar 20%.

Demikianlah perincian mengenai dividen, dari jenis-jenisnya hingga prosedur pembayaran dan pajak yang terkait. Pemahaman mendalam terkait hal ini penting bagi para investor untuk mengelola keuangan mereka dengan lebih efisien.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Rendi Mahendra
Terkini