Apa itu Ekonomi Mikro? Ini Prinsip, Tujuan hingga Contohnya

Bisnis.com,13 Des 2023, 16:02 WIB
Penulis: Rendi Mahendra
Mengenal arti ekonomi mikro, prinsip hingga contohnya/The Conversation

Bisnis.com, JAKARTA - Dalam dunia ekonomi, telaah atas perilaku manusia dan perusahaan pada tingkat mikro memiliki peran vital dalam pemahaman tentang bagaimana sumber daya dialokasikan, harga ditentukan, dan keputusan ekonomi dibuat. Terdapat dua pendekatan utama dalam ilmu ekonomi: ekonomi mikro dan makro.

Ekonomi mikro secara spesifik membahas interaksi antara individu, rumah tangga, dan perusahaan dalam konteks pasar yang lebih kecil, sementara ekonomi makro menyoroti gambaran keseluruhan perekonomian suatu negara.

Pengertian Ekonomi Mikro

Ekonomi mikro pada dasarnya merupakan kajian yang mengurai keputusan ekonomi yang diambil oleh individu dan perusahaan dalam mengelola sumber daya produksi, pertukaran, dan konsumsi.

Lebih jauh lagi, ekonomi mikro memusatkan perhatian pada perilaku pribadi terkait dengan perubahan insentif, harga, sumber daya, serta metode produksi.

Menurut Investopedia, ilmu ini memperhatikan bagaimana individu membuat pilihan ekonomi dalam merespons berbagai insentif yang mempengaruhi keputusan mereka. Analisis ini penting dalam memahami bagaimana konsumen dan produsen berinteraksi di dalam pasar, sesuai dengan yang dijelaskan dalam buku "Principle of Microeconomics" (2008) karya N Gregory Mankiw.

Prinsip Ekonomi Mikro

Prinsip-prinsip ekonomi mikro merupakan landasan dasar yang membentuk dasar pemahaman tentang perilaku ekonomi pada tingkat individu, rumah tangga, dan perusahaan. Berikut adalah beberapa prinsip ekonomi mikro yang penting:

Tujuan dan Ruang Lingkup Ekonomi Mikro

Tujuan utama dari studi ekonomi mikro mencakup beberapa hal yang penting dalam analisis perilaku individu, rumah tangga, dan perusahaan dalam lingkup pasar yang lebih kecil. Berikut adalah beberapa tujuan kunci dari ekonomi mikro:

Contoh Penerapan Ekonomi Mikro

Berikut adalah beberapa contoh penerapan konsep ekonomi mikro dalam kehidupan sehari-hari:

Menghadapi Pasar dalam Ekonomi Mikro

Pasar, sebagai medan jual beli, juga mencerminkan prinsip ekonomi mikro. Baik itu dalam bentuk fisik maupun virtual seperti platform online, pasar mengakomodasi interaksi antara penjual dan pembeli untuk mencapai kesepakatan transaksi.

Penentuan harga dalam pasar dipengaruhi oleh dinamika perekonomian, kurva permintaan dan penawaran, serta biaya produksi yang berubah-ubah.

Dengan demikian, ekonomi mikro memberikan landasan yang kuat bagi pemahaman perilaku ekonomi pada skala individu, yang pada gilirannya memengaruhi strategi bisnis, kebijakan pasar, dan aspek penting lainnya dalam perekonomian.

Analisis terhadap perilaku konsumen, produsen, harga, serta pasar menjadi tonggak dalam memahami dan merencanakan tindakan ekonomi yang lebih efektif dan efisien.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Rendi Mahendra
Terkini