Konten Premium

Kala Setengah Penduduk Dunia Ikuti Pemilu 2024

Bisnis.com,15 Des 2023, 11:30 WIB
Penulis: Wibi Pangestu Pratama
Capres nomor urut 1 Anies Baswedan (kanan), Capres nomor urut 2 Prabowo Subiyanto (tengah), dan Capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo saat Debat Capres Perdana di Jakarta, Selasa (12/12/2023). Pada 2024 akan berlangsung pemilu di berbagai negara, termasuk di beberapa negara besar. 2024 pun menjadi tahun pemilu dengan pemilih terbanyak sepanjang sejarah. - Bisnis/Fanny Kusumawardhani

Bisnis.com, JAKARTA — Hampir separuh penduduk dunia akan mengikuti pemilihan umum atau pemilu pada 2024, yang berlangsung di berbagai negara sepanjang tahun ini. Hasil pemilu 2024 dinilai akan memengaruhi kebijakan ekonomi maupun geopolitik secara global.

Hiruk pikuk pesta demokrasi terasa betul di Indonesia, terlebih setelah masa kampanye dan rangkaian debat capres-cawapres dimulai. Publik semakin intens membahas gagasan, program, maupun janji-janji yang diobral untuk pemilu 2024.

Euforia serupa pun terjadi di sejumlah negara yang akan menjalankan pemilihan presiden (pilpres) atau pemilu pada 2024. Di tahun-tahun yang penuh tantangan ekonomi dan geopolitik, berlangsungnya pemilu tentu menjadi perhatian besar karena bukan hanya menentukan nasib suatu negara, tetapi juga pengaruhnya terhadap negara-negara lain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

  Konten Premium

Anda sedang membaca Konten Premium

Silakan daftar GRATIS atau LOGIN untuk melanjutkan membaca artikel ini.

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Wibi Pangestu Pratama
Terkini