Apa itu Kaleidoskop dan Cara Membuat Video Kaleidoskop Tahunan

Bisnis.com,26 Des 2023, 14:15 WIB
Penulis: Rendi Mahendra
Pengertian kaleidoskop serta cara membuat video kaleidoskop tahunan./Freepik

Bisnis.com, JAKARTA - Tahun-tahun yang telah berlalu penuh dengan berbagai momen yang berkesan dan berharga. Untuk mengabadikan sejumlah peristiwa terbaik dari tahun 2023, banyak orang memilih untuk membuat video kaleidoskop.

Apa itu Kaleidoskop

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kaleidoskop adalah sejumlah peristiwa yang telah terjadi yang disajikan secara singkat.

Dalam arti harfiah, "kaleidoskop" merupakan kata berasal dari bahasa Yunani, terdiri dari kata "kalos" yang berarti "indah", "eidos" yang berarti "bentuk", dan "skopeo" yang berarti "untuk melihat".

Istilah Kaleidoskop sering digunakan untuk menggambarkan dinamika, variasi, dan perubahan yang terjadi sepanjang tahun. Namun, konotasi yang terkandung dalam kata ini sangat luas dan memiliki makna yang berbeda-beda bagi setiap individu.

Dalam konteks bahasa gaul di media sosial, kaleidoskop biasanya sebagai refleksi dari beragam pengalaman yang mereka hadapi seperti pencapaian-pencapaian, kegembiraan, kesedihan, keberhasilan, kegagalan, dan pembelajaran.

Semua ini adalah bagian dari kompleksitas yang menciptakan "kaleidoskop" pengalaman pribadi seseorang selama setahun bisa berupa foto maupun video.

Dalam artikel ini akan dijelaskan cara membuat video kaleidoskop dari peristiwa-peristiwa berharga di tahun 2023.

Cara Membuat Kaleidoskop Tahunan

Berikut ini beberapa cara praktis membuat kaleidoskop yang bisa Anda ikuti tanpa perlu menginstal aplikasi tambahan:

1. Video Kaleidoskop dengan Fitur Year in Review Facebook

Salah satu cara paling mudah adalah melalui fitur "Year in Review" yang disediakan oleh Facebook. Langkah-langkahnya:

2. Kaleidoskop Menggunakan BeReal Recap 2023

BeReal Recap 2023 juga merupakan opsi lain untuk membuat video kaleidoskop 2023. Berikut langkah-langkahnya:

3. Membuat Video Kaleidoskop dengan Template CapCut

    Selain itu, CapCut juga merupakan opsi lain untuk berbagi video dari foto-foto tahun ini melalui template yang ada. Berikut panduan sederhana membuat template di CapCut:

    Itulah beberapa cara praktis untuk membuat video kaleidoskop 2023. Melalui platform-platform seperti Facebook, BeReal, atau CapCut, Anda dapat merangkum sejumlah momen berharga yang terjadi sepanjang tahun 2023 dalam bentuk video yang singkat dan mengesankan.

    Dengan langkah-langkah yang mudah ini, Anda dapat dengan cepat mengabadikan peristiwa-peristiwa berharga dalam bentuk video yang menggambarkan keceriaan, kebahagiaan, dan kenangan indah sepanjang tahun yang telah berlalu.

    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

    Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
    Editor: Rendi Mahendra
    Terkini