Mengenal Apa Itu IISMA, Program Beasiswa Luar Negeri yang Viral di X

Bisnis.com,01 Jan 2024, 13:19 WIB
Penulis: Restu Wahyuning Asih
Para mahasiswa penerima beasiswa IISMA/Kemdikbud

Bisnis.com, JAKARTA - Program beasiswa IISMA atau Indonesian International Student Mobility Award, tengah ramai dibicarakan publik.

Melansir dari infopublik.id, program tersebut diluncurkan pertama kali pada 2021, yang dikelola oleh Kemendikbud.

Beasiswa IISMA telah memberikan kesempatan kepada lebih dari empat ribu mahasiswa untuk belajar ke berbagai perguruan tinggi di luar negeri selama satu semester.

Sebagai bagian dari kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), Program IISMA berfokus pada peningkatan kemampuan akademik dan juga kompetensi mahasiswa dengan Bentuk Kegiatan Pembelajaran (BKP) berupa pertukaran pelajar ke luar negeri.

Pada tahun pertama penyelenggaraannya, program IISMA menarik minat 2.546 peserta sebagai pendaftar, yang kemudian meningkat hampir tiga kali lipat menjadi 7.501 pendaftar di tahun 2022.

Program ini mencapai angka pendaftar tertinggi pada pelaksanaan tahun 2023, dengan sebanyak 9.116 mahasiswa jenjang sarjana dan diploma yang resmi terdaftar sebagai calon peserta.

Skema Beasiswa IISMA

IISMA diperuntukkan bagi mahasiswa S1 yang berada di semester 4 hingga 7. Mereka yang tertarik dengan beasiswa pertukaran pelajar ini harus memenuhi sejumlah syarat, di antaranya:

Adapun alur pendaftaran IISMA yakni mahasiswa mengajukan pendaftaran dengan disertai surat rekomendasi dari dosen hingga wakil rektor akademik.

Sebelum akhirnya diterima IISMA, mahasiswa juga akan menjalani sejumlah proses seperti wawancara kampus hingga di tingkat Kemendikbud.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Restu Wahyuning Asih
Terkini